Bandung International Digital Arts Festival (BIDAF) 2017

Selamat datang di era seni digital!
Tahun 2017 ini BIDAF sudah menginjak tahun ke-empat. Sejak dari awal tahun pertama BIDAF sudah menekankan programnya tidak hanya pada aspek pencapaian kreativitas para seniman digital, akan tetapi juga aspek pendidikan seni digital itu sendiri. Pada tahun yang ke 4 ini BIDAF secara khusus bekerja-sama dengan Telkom University yang memiliki program pendidikan seni digital dan fasiltas paling unggul di Indonesia.

Di samping Telkom University, BIDAF juga mengajak perguruan tinggi lain di wilayah Jawa Barat seperti Universitas President, UNPAS dan ITB untuk berpartisipasi, baik sebagai peserta pameran dan pertunjukkan maupun sebagai observer.

BIDAF mengajak mereka yang berkecimpung langsung di bidang industri seni digital untuk memamerkan produk-produk mereka. Antara lain adalah: KUASSA yang memproduksi dan berhasil memasarkan software music mereka ke pasar internasional. Juga ada AINAKI, yaitu asosiasi pembuat seni ANIMASI Indonesia yang anggota-anggotanya sudah dapat ikut serta dalam produksi film-film animasi di dunia internasional.

Untuk memperlihatkan bahwa Seni Animasi juga merupakan sebuah genre seni digital yang serius, BIDAF ke-empat ini mengundang seorang seniwati animasi German Lili Voigt untuk memamerkan karya instalasi animasinya yang berjudul THE WALL. Karya ini merupakan highlight dari BIDAF 2017. Tidak hanya itu, banyak kegiatan seru lain di BIDAF 2017 ini diantaranya kegiatan seperti pameran, pertunjukkan, seminar, workshop, demo, dan expo pendidikan serta produk teknologi seni digital yang paling baru.


Sumber berita: Lokaswara

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*