Desain Komunikasi Visual

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan salah satu program studi dibawah Fakultas Industri kreatif (FIK) Universitas Telkom. Dengan berbasis kepada keilmuan seni, desain dan teknologi, serta ilmu pendukungnya lainnya, prodi S1 DKV menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana desain komunikasi visual yang mumpuni dalam penguasaan teknologi Informasi, kearifan lokal (budaya Nusantara) dan mampu mengembangkan diri menjadi seorang entrepreneur dibidang  desain dan industri kreatif (Creativepreneur)


Visi

“Menjadi program studi Desain Komunikasi Visual yang unggul berbasis  ICT dan Kearifan Lokal, serta pusat pengembangan Creativepreneur yang diakui masyarakat nasional dan Internasional”.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan di bidang Desain Komunikasi Visual untuk menghasilkan lulusan berjiwa Creativepreneur yang menguasai ICT dan memahami kearifan lokal.
  • Memperkuat penelitian di bidang desain komunikasi visual dengan industri, akademisi, swasta dan pemerintah untuk menghasilkan karya yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi kreatif nasional.
  • Melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat melalui implementasi Creativepreneur yang mendukung peningkatan kualitas kehidupan dan pemberdayaan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang dapat memanfaatkan ICT secara profesional, memiliki kemampuan berwirausaha dengan berlandaskan kecerdasan kreatif, mampu mengeksplorasi dan memecahkan permasalahan di bidang komunikasi visual serta memahami kearifan lokal.
  2. Menghasilkan solusi berbasis desain dengan penekanan pada sisi inovasi dan integrasi keilmuan dalam empat jalur pilihan: Desain grafis (Graphic Design), Visual Komunikasi Periklanan (Advertising), Manajemen Desain (Design Management), dan Visual Komunikasi Multimedia (Multimedia).
  3. Berperan serta dalam mengembangkan keilmuan dan kebutuhan SDM bidang desain komunikasi visual, yang mampu berkiprah ditingkat nasional, regional, maupun internasional.
  4. Membantu meningkatkan kualitas hidup dan pemberdayaan masyarakat terutama pelaku usaha kecil menengah melalui bidang desain komunikasi visual.

Sasaran

  1. Meningkatnya kualitas dan daya saing lulusan Prodi S1-DKV
  2. Meningkatnya kualitas dan kuantitas dosen Prodi S1-DKV
  3. Meningkatnya kualitas dan kuantitas mahasiswa Prodi S1-DKV
  4. Meningkatnya budaya riset di lingkungan Prodi S1-DKV
  5. Meningkatnya pemanfaatan hasil inovasi dari Prodi S1-DKV bagi masyarakat

Prospek Lulusan

Lulusan Program Studi S1 DKV FIK Telkom University mampu merancang karya desain, dengan mengutamakan proses kematangan serta integrasi keilmuannya dengan keilmuan lain, sehingga dapat bermanfaat bagi profesi dan keilmuan DKV, industri kreatif dan masyarakat.

Profesi lulusan dari Program Studi S1 DKV berdasarkan konsentrasi keilmuannya adalah sebagai berikut: