Desain Produk

Program Studi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif (FIK) menghasilkan lulusan Sarjana Desain yang profesional di bidang industri kreatif melalui penguasaan teori, teknologi, dan kecerdasan kreatif, sehingga mampu merancang produk yang baik dan memiliki nilai jual, serta dapat berkontribusi dalam meningkatan kualistas hidup manusia.

Kajian keilmuan program studi S1 Desain Produk meliputi teori, pemodelan, metodologi, teknologi, aplikasi/terapan serta alat bantu yang dibutuhkan untuk mengembangkan inovasi produk dan industri kreatif berbasiskan Visceral, Behavioral, Environmental, Future, dan konceptual.

Secara Garis besar Program studi desain Produk mempunyai 6 Tema Konsetrasi perancangan:

  1. Desain Produk Gaya Hidup (Life Style)
  2. Desain Produk Peralatan Kerja (Working Tools)
  3. Desain Produk Peralatan rumah tangga (Home Apliance)
  4. Desain Produk Mainan (Toys)
  5. Desain Produk Transportasi (Transportation)
  6. Desain Produk Perhiasan (Jewelry)

Point-point mata kuliah yang diajarkan dalam Program Studi Desain Produk Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tingkat 1 pemahaman Prinsip dasar Seni Rupa dan Desain;
  2. Tingkat 2 Pendalaman Konsep desain Produk secara visceral dan behavioral yang berkaitan dengan rasa, ekspresi, mekanika, dan fungsi;
  3. Tingkat 3 penguasaan implementasi industry berdasarkan ruang lingkup manusia dengan lingkungan (Environmental), peluang pasar, dan desain masa depan (Future);
  4. Tingkat 4 Pengembangan produk secara konseptual dan kewirausahaan;

Tugas Akhir program studi desain produk merupakan riset dan konsep bisnis dari setiap project yang telah dikerjakan dan dikembangkan terus secara bertahap pada setiap semesternya. Sehingga lulusan program Studi desain produk mampu bekerja dalam skala industri, ataupun bekerja mandiri sebagai wirausahawan.


Visi

Menjadi Program Studi Desain Produk yang unggul melalui pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dan Budaya Nusantara dalam menghasilkan creativepreneur yang berdaya saing untuk  pengembangan industri kreatif di bidang desain produk.

Misi

  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran keilmuan desain produk berwawasan creativepreneurship dengan memanfaatkan budaya Nusantara dan ICT.
  • Melakukan pengembangan dan mendiseminasikan keilmuan desain produk melalui penelitian yang mendukung industri kreatif dengan memanfaatkan budaya Nusantara dan kebaruan ICT.
  • Menerapkan keilmuan desain produk untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kemampuan creativepreneurship masyarakat.
  • Melaksanakan berbagai kerjasama dengan berbagai institusi baik nasional maupun Internasional dalam berbagai kegiatan akademik dan lainnya.

Kompetensi Lulusan

Para lulusan yang ditargetkan adalah membentuk beberapa kriteria yang menjadi karakter utama desainer produk diantaranya:

  1. Mampu menguasai dasar pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan oleh profesi desain produk dengan produksi secara pabrikan (manufacture-based product designer), yakni mampu menghasilkan ide pemecahan masalah yang kreatif, dan mampu melaksanakan proses desain produk secara multidisiplin yang berorientasi pada optimasi fungsi, pertimbangan estetik, kemudahan produksi maupun komersialisasi.
  2. Mampu memiliki pengetahuan dan penguasaan ketrampilan yang dibutuhkan oleh desainer produk dengan produksi secara kriya (craft-based product designer) dalam mengolah material beserta prosesnya, baik secara manual maupun masinal, untuk menjadi suatu produk dengan fungsi dan keunikan tertentu yang sesuai dengan keharmonisan dan kearifan lingkungan serta kekhasan potensi sosial budaya masyarakat.
  3. Mampu memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan sebagaimana yang dimiliki seorang wirausahawan desain produk (product design entrepreneur) dalam mengoordinasi seluruh sumber daya yang terkait di seluruh rangkaian tahap manajemen produk, mulai dari tahap: perencanaan komersialisasi, perancangan, proses produksi, hingga tahap pemasaran.
  4. Lulusan desain produk diharapkan memahami dirinya sebagaimana sosok ilmuwan maupun cendekiawan desain produk (product design scholar) untuk mengembangkan keilmuan dan keahlian desain produk industri, baik di tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Secara khusus, Sarjana Desain Produk banyak bekerja dan berkarir di :

  1. Perusahaan/industri produk elektronik.
  2. Perusahaan/industri produk rumah tangga dan sanitary.
  3. Perusahaan/industri produk mainan dan hiburan.
  4. Perusahaan/industri produk alat kesehatan, alat peraga pendidikan.
  5. Perusahaan/industri manufaktur (pabrik, bengkel-karoseri).
  6. Perusahaan/industri produk militer.
  7. Perusahaan/industri kerajinan.
  8. Perusahaan/industri furniture dan outdoor equipment furniture.
  9. Perusahaan/industri produk interior dan exsterior.
  10. Perusahaan/industri transportasi, otomotif dan karoseri.
  11. Perusahaan/industri fashion (tas, sepatu, perhiasan dan aksesoris)Industri craft.
  12. Perusahaan/industri telekomunikasi.
  13. Perusahaan/industri perdagangan (trading).
  14. Perusahaan/industri penghubung antara store yang menjembatani produsen, konsumen dan suppliernya (pabrik).
  15. Perusahaan/industri konsultan desain.
  16. Perusahaan/industri perfilman, televisi, penyiaran, fotografi dan produksi video.
  17. Dsb