Kriya Tekstil dan Mode

Program Studi Kriya Tekstil dan Mode merupakan salah satu program studi unggulan di Universitas Telkom yang telah didirikan semenjak tahun 1992, dan telah menghasilkan lulusan yang berkiprah sebagai praktisi maupun entrepreneur handal dalam bidang fashion dan desain tekstil.

Pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi pada Program Studi Kriya Tekstil & Mode dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam perancangan desain fashion maupun tekstil yang inovatif dengan berbasis Budaya Nusantara dengan optimalisasi  pemanfaatan  (ICT) Information dan Communication Technology.


VISI

Menjadi program studi unggulan dalam bidang Kriya Tekstil dan Mode serta pusat pengembangan kompentensi Creativepreneur yang berbasis budaya nusantara dengan optimalisasi pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT).

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan untuk mendukung kompetensi creativepreneurship melalui mata kuliah unggulan program studi untuk menghasilkan lulusan profesional di bidang Kriya Tekstil dan Mode;

  • Melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan kompetensi creativepreneur untuk menghasilkan inovasi-inovasi bidang Kriya Tekstil dan Mode yang memberikan kontribusi nyata pada pertumbuhan ekonomi kreatif nasional;

  • Memanfaatkan perkembangan ICT di Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana publikasi hasil-hasil produk implementasi bidang keilmuan Kriya Tekstil dan Mode.


Kurikulum yang digunakan dalam proses belajar mengajar di Program Studi Kriya Tekstil dan Mode saat ini adalah Kurikulum Program Studi Kriya Tekstil & Mode  2014, yang disusun sesuai dengan Kerangka  Kualifikasi  Nasional Indonesia  (KKNI)  sebagai  Peraturan Presiden no  8  tahun 2012, yang mendorong semua perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri dengan ketentuan di dalamnya. Konten dari Kurikulum Program Studi Kriya Tekstil & Mode 2014 ini juga disusun sesuai dengan visi-misi Program Studi Kriya Tekstil & Mode yang berinduk pada visi-misi Fakultas Industri Kreatif  dan juga Universitas Telkom. Guna mewujudkan kekhasan keilmuan dan kompetensi yang ingin dicapai untuk lulusannya.

Adapun profil lulusan dari Program Studi Kriya Tekstil dan Mode  adalah: Menjadi fashion designer yang memiliki kemampuan dalam perancangan tekstil inovatif dengan berbasis ICT dan Budaya Nusantara. Dengan kompetensi yang dimiliki lulusannya terdiri dari:

  • Mampu merancang tekstil dan produk fashion dengan pemanfaatan teknologi secara kreatif dan inovatif untuk menghadapi dinamika tren dan kondisi permasalahan lingkungan;
  • Menguasai teori dan pengetahuan tentang desain fashion dan tekstil dan mampu mengembangkannya serta mengkomunikasikannya;
  • Mampu mengambil keputusan desain secara akademik dan mandiri dalam memimpin kelompok kerja;
  • Memiliki sikap etis, estetis, apresiatif dan partisipatif dalam melalukan perancangan.

Dalam lingkup kegiatan akademik, Program Studi Kriya Tekstil & Mode memiliki mata kuliah utama yang menjadi mata kuliah khas dari pada Program Studi Kriya Tekstil & Mode adalah:

  1. KTM 1 Image Study
  2. KTM 2 Basic Fashion
  3. KTM 3 Fashion Accessories
  4. KTM 4 Costume & Couture Adoption
  5. KTM 5 Future Fashion

Matakuliah-matakuliah diatas merupakan mata kuliah unggulan dari Program Studi Kriya Tekstil & Mode. Sehingga matakuliah lain menjadi pendukung untuk membentuk kompetensi keahlian yang ingin dihasilkan oleh Program Studi Kriya Tekstil & Mode.

Selain bidang akademik, mahasiswa Kriya Tekstil dan Mode juga mengkuti berbagai kegiatan yaitu:

  1. Kuliah Umum
  2. Kunjungan Industri
  3. Seminar & Workshop
  4. Kompetisi/Lomba
  5. Pameran

Kegiatan-kegiatan diatas diadakan untuk mendukung kegiatan akademik dan menambah keahlian dan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan, sehingga dapat menjadi pribadi yang unggul saat terjun langsung ke masyarakat.