JFW Ajak Mahasiswa FIK Tel-U Ikuti Ajang LPA-LPM 2018

Jakarta Fashion Week (JFW) ajak mahasiswa Kriya Tekstil Mode (KTM) Fakultas Industri Kreatif (FIK) Telkom University (Tel-U) LPA dan LPM 2018.

“Lomba ini terbuka  untuk umum, baik untuk mahasiswa maupun lulusan sekolah mode, desain, atau seni rupa.  Karya yang dilombakan harus orisinil karyamu. Terinspirasi dari desainer lain boleh-boleh saja, tapi bukan berarti membuat karya tiruan,” kata Program Media Content Director JFW, Zornia Harisantoso pada Workshop LPA dan LPM 2018 yang dihadiri oleh mahasiswa KTM Tel-U.

LPA   merupakan  Lomba Perancang Aksesoris  yang  diselenggarakan oleh JFW tahun ini.  Workshop juga menghadirkan perancang aksesori Arni Kusuma Dewi.

“Tema besar LPA kali ini adalah Tropical Vibe, Interpretasi bebas, namun ketiga desain tersebut harus merefleksikan kesatuan sebuah koleksi,” kata Arni. Lanjutnya, perserta lomba bisa mengirimkan tiga karya desain  perhiasan yang merupakan tiga kombinasi di antara anting, gelang, kalung, bros dan hiasan kepala yang bukan berarti topi.

“Perlu diperhatikan, jenis desain perhiasan yang dilombakan adalah Costume Jewelry bukan  Fine Jewerly. Costume Jewerly yaitu perhiasan sebagai barang fashion bahan dasar seperti akrilik, kain, kulit, plastik, metal, kawat, beads atau manik-manik,” jelas Arni.

Sedangkan  LPM yaitu Lomba Perancang Menswear. Kontribusi  LPM sangatlah besar dalam industri mode tanah air. Sejak dimulai di 1979 hingga kini, LPM terbukti sebagai wadah pencetak perancang busana sukses. Misan Kopaka juga turut memberi motivasi  dan wawasan kepada mahasiswa  tentang merancang pakaian pria di workshop tersebut.

“Dilihat dari karakternya, Menswear bisa dikategorikan menjadi menswear bergaya internasional dan bergaya etnik. Sedangkan jika dilihat dari jenis pembuatannya ada yang ready to wear dan custome. Tentu ini bisa menjadi pilihan dalam merancang Menswear pada LPM nanti,” kata Misan.

Workshop LPA-LPM 2018 terselenggara atas kerjasama JFW dengan Program Studi KTM-FIK Telkom University, Kamis (19/4/2018). Workshop berlangsung di Ruang Multimedia Gedung Bangkit Tel-U juga menghadirkan pembicara desainer Perancang Mode Ai Syarif  dan Blibli.com- (Risca-FIK).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *