Muang Ancak Jadi Juara Favorit MYDC

Karya  mahasiswi Kriya Tekstil Mode  (KTM) Telkom University (Tel-U) 2015,  Riztia Nilfarisa berhasil meraih juara  Favorit  pada ajang Moslem Young Fashion Design Competition (MYDC) 2018 di Jakarta. Kompetisi ini merupakan ajang adu kreativitas  berskala internasional bagi  para desainer muda. Riztia berhasil meraih prestasi melalui karya design yang ia beri nama Muang Ancak.

“ Sebenarnya, Muang Ancak  terinspirasi dari  tradisi Muang Jong di kepulauan Bangka Belitung,” kata Riztia, Senin (23/18/2018).

Tradisi Muang Jong, lanjut Riztia,  merupakan tradisi setempat untuk menolak bala dengan  menghanyutkan  perahu dan replika rumah gubuk  dan sesajen ke tengah laut. Tradisi ini dilakukan  setiap tahun  oleh suku Sawang  di kepulauan Bangka Belitung. Balutan busana Muang Ancak pun berlenggang elegan membawa tradisi masyarakat Belitung di panggung  fashion show MYDC  dengan diperagakan oleh tiga orang model. Siluete-nya sengaja dibuat kaku dengan ujung baju meruncing. Dihiasi dengan pattern   bergambar perahu dan gambar rumah kecil.

Siluete kaku merefleksikan sifat perahu. Sedangkan  Ujung baju yang meruncing dan pattern perahu dan rumah kecil menunjukan ikon dari tradisi. Aku memilih  warna-warna khas pesisir seperti kuning, merah dan biru. Sementara warna hitam untuk penetral saja,” kata Riztia.

Riztia mengaku bangga  dengan prestasi atas karyanya, “Ada enam desain di tahap sketsa, namun hanya empat look   yang direalisasikan. Dari  empat look  tersebut, satu look di pamerkan dalam exhibition dan tiga look  di pamerkan di panggung fashion show,” tutupnya.- (Risca-FIK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *