Perkembangan teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi telah berkembang sedemikian pesat, terutama pada bidang digital marketing. Hal ini menuntut setiap perusahaan untuk mengembangkan promosi di berbagai media yang sesuai dengan perkembangan jaman. Berbagai macam media promosi digital sangat dibutuhkan, untuk itu diperlukan suatu strategi marketing yang efektif dan efisien agar dapat menarik konsumen. Salah satu media digital yang mudah diakses pada saat ini adalah media video.
Media video merupakan media promosi yang sangat mudah diterima oleh masyarakat luas karena penyampaian pesannya yang lebih lugas dan komunikatif. Peran video sebagai media yang efektif juga dapat menyampaikan informasi secara visual dan verbal serta menjadi media yang mudah dikonsumsi semua kalangan pada platform digital (Mahadika & Soewito, 2021 : 91). Pesan dapat tervisualisasikan secara jelas dalam bentuk visual dan audio.
Batik Kamaku merupakan brand lokal yang bergerak di bidang fashion. Batik Kamaku beralamat di ?Jl. Muara Raya no. 5, Lingkar Selatan, Kota Bandung, Jawa Barat. Batik Kamaku didirikan oleh Ibu Ratri Werdiningsih pada tahun 2021. Terkait dengan permasalahan yang ada di masyarakat sasar, maka rencananya bentuk solusi yang akan ditawarkan adalah berbentuk hibah video profil sebagai strategi membangun digital marketing Batik.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung dalam tiga tahapan proses, yaitu: pra produksi, produksi dan paska produksi. Agar semua proses berjalan lancar maka ketiga tahapan tersebut harus direncanakan secara matang sehingga memudahkan semua pihak yang terlibat, dalam hal ini pihak Batik Kamaku sebagai masyarakat sasar. Pada tahapan pertama kegiatan dimulai awal Agustus. Seluruh tim pengabdian kepada masyarakat melakukan survey dan riset terkait objek sasar yang akan diimplementasikan ke dalam naskah video profil. Lalu selanjutnya survey lapangan untuk mengetahui dan memetakan kebutuhan-kebutuhan tempat dan setting ketika produksi (syuting). Selanjutnya masuk ke tahapan produksi yang dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Agustus seluruh tim terlibat dalam proses produksi (syuting). Proses terakhir yaitu pelaksanaan post produksi yaitu seluruh hasil syuting direview dan dilihat ulang untuk nantinya dipilih adegan-adegan terbaik untuk dimasukan ke tahapan editing. Berikut link video profil Batik Kamaku yang sudah selesai dikerjakan oleh tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat.
Tim Abdimas :
Ketua :
ADYA MULYA PRAJANA
Anggota :
BIJAKSANA PRABAWA
ARIA AR RAZI
Mahasiswa:
MUHAMMAD AFIF FAHRIZA
FARHAN RIZKY PRATAMA
DHIWA ADAM RISYDA ARRAZZAQ
File Video Abdimas : https://drive.google.com/file/d/1kxrf8ljVESn9fhX8_q6ozWUngcs8QNeL/view?usp=sharing