Category: Event

Mahasiswi Tel-U Menjadi Perwakilan Indonesia pada ART-I-CULATE

BANDUNG, Telkom University – Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik No. 1 di Indonesia terus melahirkan generasi muda yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.  Salah satu mahasiswa Telkom University berhasil menjadi perwakilan Indonesia pada ajang internasional ART-I-CULATE 2021.

ART-I-CULATE adalah program pengalaman digital untuk calon seniman muda. Tujuan dari program ini adalah untuk memperjuangkan pemahaman budaya dan inovasi digital yang berpusat pada seni antara ASEAN dan Inggris. Acara ini diikuti oleh para seniman muda berusia 14 – 21 tahun dari Inggris dan 5 negara ASEAN: Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Setelah melewati proses seleksi, dipilihlah 30 orang yang menjadi peserta pada ajang ini.

Neng Lina Lestari, mahasiswi program studi S1 Desain Interior Fakultas Industri Kreatif Telkom University berhasil menjadi perwakilan Indonesia pada ajang tersebut. Neng Lina menjelaskan bahwa ART-I-CULATE 2021 merupakan event pertukaran seniman lintas budaya/negara yang menghadirkan para seniman kelas dunia sebagai mentornya.

“Kita diberikan mentoring oleh beberapa mentor handal di antaranya yaitu Michael Yee Fuh Wen, Janique Charles, Emma Winterschladen, Micah Hilotin, Michelle C., Kristin Dwek, Dr. Asma Abdullah dan masih banyak lagi. Kami dipasangkan dengan partner lain dari negara yang berbeda, isi pembahasannya merupakan pembicaraan seni dengan budaya masing,” ucapnya.

Pada ajang tersebut, setiap peserta berpartisipasi dalam kolaborasi kreatif lintas budaya dan membentuk persahabatan jangka panjang dan peluang bimbingan dalam mengembangkan portfolio seta bertemu dengan seniman kelas dunia yang menginspirasi. Peserta akan diberikan akses ke seri digital berkualitas tinggi dari kelas master seni dan dialog budaya selama tiga bulan untuk meningkatkan portofolio mereka. Ajang ini diselenggarakan secara online melalui platform ZOOM Meeting.

“Materi-materi yang dibawakan oleh mentor-mentor itu terkait Colours of the Future, Creating Dialogues Through Art, Deep Diving into the Shared & Unique Creative Identity, Creative Collaboration and Cultural Diversity Exploration and Final Exhibition. Kurang lebih kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan. Selama 3 bulan itu full kegiatan mentoring dan diskusi sesuai topik, final dari setiap topik itu kita membuat karya seni.”

Di akhir program, karya seni akan ditampilkan dalam pameran seni digital yang dapat diakses oleh khalayak luas secara global. Karya seni juga akan diterbitkan melalui e-book, yang menampilkan peningkatan pengetahuan artistik dan teknologi para peserta, sinergi kolaboratif dan pemahaman budaya transformatif tentang seni dan budaya Asia Tenggara dan Inggris.

Pada Final Exhibition, Neng Lina menampilkan sebuah karya masterpiece yang diberi judul ‘Woman Today’ yang terinspirasi dari isu sosial saat ini. Walaupun di tengah-tengah Pandemi Covid-19 ini banyak peran yang mengambil banyak risiko, tidak hanya berdasarkan gender, melainkan beberapa profesi pekerjaan.

“Di tengah pandemi ini mengharuskan semua orang pintar dalam mengambil keputusan dan mempertimbangkannya. Salah satu yang menurut saya unik dalam hal pertimbangan dan keputusan adalah wanita.”

Neng Lina mengatakan selain harus mempercantik diri, perempuan kini harus memperhatikan faktor kesehatan lingkungan dengan menggunakan masker, di mana makeup tidak lagi menjadi faktor utama penampilan wanita. Wanita saat ini harus banyak pertimbangan dan kesadaran, supaya tidak hanya cinta pada tampilan saja, melainkan orang yang ada di sekitar.

Neng Lina juga menambahkan bahwa melalui ajang tersebut, banyak benefit yang didapatkan, salah satunya relasi dengan para seniman tingkat dunia yang berasal dari berbagai negara. Neng Lina berharap melalui ajang ini para seniman di luar sana dapat saling mendukung karya seni dan kebudayaan dari berbagai negara.

Yuk kunjungi pameran onlinenya pada link:
https://artspaces.kunstmatrix.com/node/6571908
(hingga 30 Juni 2021)

[Reposted] IAZ
source : https://telkomuniversity.ac.id/mahasiswi-tel-u-menjadi-perwakilan-indonesia-pada-art-i-culate/

The opening ceremony of the Online Joint Short Course

The opening ceremony of the Online Joint Short Course between Telkom University, UiTM and Maranatha Christian University has been conducted successfully this morning (20/04/2021), attended by representatives from those three university, including:
1. Dr Roro Retno Wulan, Dean of Faculty of Creative Industry, Tel-U 
2. Professor Ts. Dr. Ruslan Abdul Rahim, Dean of the Faculty of Art & Design, UiTM
3. Ms. Yosepin Sri Ningsih, Head of Art & Design Study Program, Maranatha University

Right after the Opening Ceremony, it is continued to the 1st subject discussing the Ethical Fashion, presented by Dr. Arini Arumsari, S.Ds., M.Ds., from Telkom University and then 2nd subject discussing Waste Management by Ms. Prinses Saliang.

“Behind something beauty, the glamorous one, there is still an ugly face that needs to be changed slowly towards a sustainable future” ~ Prinses Saliang

Perempuan dan Kota: Sebuah Pameran Karya Pengajar Perempuan FIK

BANDUNG, Telkom University – Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, para pengajar perempuan Fakultas Industri Kreatif Telkom University menyelenggarakan pameran karya perempuan ‘Merah Delima X HEI 2021. Mengusung tema ‘Perempuan dan Kota’, acara ini diselenggarakan secara virtual melalui ZOOM Meeting pada Senin (15/03).

Pameran ini diselenggarakan di Galeri Idealoka Telkom University. Ini merupakan pameran Merah Delima yang ke-2 yang sebelumnya diselenggarakan pada Desember 2020. Pada pameran ini menampilkan 41 karya yang terdiri dari bordir,patung,fotografi, ilustrasi ,puisi

Ira Wirasari mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya pameran ini adalah agar para pengajar perempuan di Fakultas Industri Kreatif Telkom University dapat memberikan inspirasi bagi generasi penerus bangsa melalui karya-karya.

“Tema pameran kedua ini mengusung nilai-nilai luhur budaya HEI, yaitu Harmony, Excellence dan Integrity. Kita juga berharap melalui acara ini silaturahmi dan kolaborasi di kalangan para pengajar perempuan di lingkungan Fakultas Industri Kreatif dan Telkom University pada umumnya dapat terjalin hangat dan solid,” ucapnya.

Karya yang dihasilkan para pengajar perempuan ini mengambil tema salah-satu dari nilai-nilai luhur budaya HEI. Hal ini dimaksudkan agar dapat memaknai nilai-nilai HEI dalam kehidupan.

“Tidak hanya sekadar dihapalkan saja, tetapi bagaimana kita memiliki intepretasi yang sesuai dan kita aplikasikan dalam keseharian kita.”

Acara ini secara resmi dibuka oleh Dr. Rina Pudji Astuti, M.T., selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kerjasama. Beliau memberikan apresiasi yang luar biasa untuk para penyelenggara acara tersebut.

“Sebagai pameran karya perempuan Merah Delima ke-2, tema yang diangkat yaitu Perempuan dan Kota sungguh membuat kami terharu. Sesungguhnya salah satu peran dari perempuan yang ada di Telkom University ini adalah menjaga, menumbukan dan juga menginspirasi karakter HEI ini,” ucapnya.

Dr. Rina Pudji Astuti juga menjelaskan bahwa karakter itu tidak hanya bisa disampaikan melalui ilmu pengetahuan yang diajarkan di kelas, tetapi yang penting adanya contoh sebagai teladan. Ini akan menjadi contoh bagi para generasi penerus bangsa.

Acara ini menghadirkan seorang penyair sekaligus kurator ternama yaitu Noorca M. Massardi. Noorca mengatakan bahwa tema yang diangkat pada pameran ini sangat berhubungan dengan dunia saat ini.

“Perempuan dan Kota adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, perempuan tidak bisa dipisahkan dengan kota dan kota tidak mungkin ada tanpa perempuan. Jadi temanya sangat menarik dan dari karya-karya yang tampil pada pameran kali ini terlihat para pengajar perempuan dari Fakultas Industri Kreatif memiliki sifat sangat santun, mungkin karena mengambil nilai dari Harmony, Excellence dan Integrity,” ucapnya.

Noorca juga mengatakan melalui karya-karya yang ditampilkan pada pameran ini, menurutnya para perempuan tampak berdamai dengan kota dan telah menyatu tanpa adanya perlawanannya. Perempuan dan Kota hidup berdampingan bersama pada karya-karya yang dihasilkan.

“Pameran ini sangat menarik dan saya kira harus terus dilanjutkan, selamat berpameran.”

Internasional Webinar Antara Telkom University dan Silpakorn University

Fakultas Industri Kreatif Telkom University (FIK Tel-U) bersama Silpakorn University Thailand menggelar Internasional Webinar bertajuk Mix Media & Photography, yang digelar secara daring melalui Zoom Aplikasi, Rabu (24/2).

Turut hadir sebagai pembiacara dalam acara ini adalah Dr. Vichaya Mukdamanee Deputy Dean for Special and International Affairs Faculty of Painting Sculpture and Graphic Arts Silpakorn University Thailand dan Adrian Permana Zen., S.Ds., M.A., Dosen Fakultas Industri Kreatif Telkom University.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kolaborasi antar dua universitas di dua negara ini sangat baik, dimana melalui kolaborasi ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat dalam menumbuhkan ide-ide dalam memajukan bangsa Indonesia dan Thailand.

“Semangat kolaborasi antar negara ini sangat baik, dimana melalui kolaborasi ini kita bisa bertukar pikiran dan bertukar ide-ide sehingga menumbuhkan ide-ide kreatif dari masing-masing institusi, semoga kolaborasi ini bisa terus terjalin dan mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang bermuara pada kebaikan.” Jelasnya.

Dalam pemaparannya, Dr. Vachaya menyampaikan materi bertajuk Mix Media Movement in 1990 Thailand : The Transitional Period Between Modern and Contemporary Art.

“Pertumbuhan media yang terjadi sejak tahun 90an sangat signifikan, mixing media disini adalah bagaimana menggabungkan berbagai aktifitas seni dengan teknologi, dengan menggunakan berbagai Teknik, sehingga seiring perkembangannya penggabungan itu dapat menghasilkan sebuah karya seni yang sangat indah.” Ucap Dr. Vachaya.

Sejalan dengan Dr. Vachaya, Adrian Permana Zen dengan materi Computational Photography: The Role of AI in the Development of Photograph.

“Teknik foto seiring dengan adanya Artificial Intelligent (AI), kita semakin dimudahkan serta mampu memperdalam Teknik fotography, sehingga dalam proses foto banyak hasil-hasil karya foto yang diproses menggunakan AI, sehingga memiliki hasil foto yang baik.” Ucapnya.

Sharing Session – Tips n Trik Menulis Proposal PKM 2021

Sehubungan akan diadakannya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021. Kami mengundang Telyutizen dari Fakultas Industri Kreatif yang ingin turut serta dalam acara PKM 2021 untuk hadir dalam Sosialiasi Tips & Trik PKM 2021.

Untuk sosialisasi akan diinformasikan secara online sebagai berikut :

Hari : Kamis, 11 Februari 2021
Pukul : 15.00
Media Meeting: Aplikasi Zoom

Link : https://zoom.us/j/91038728301

Pembicara : Mahendra Nur Hadiansyah, ST., M.Ds & Morinta Rosandini, S.Ds.,M.Ds

Panduan dan Pendoman untuk mengikuti kegiatan PKM 2021:
https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/wp-content/uploads/2021/02/Pedoman-PKM-2021.pdf

Terimakasih atas kerjasamanya
mari bersama kita sukseskan PKM ini!!

(IAZ)

Pameran Virtual Unjuk Rupa – CRITICAL, BUT WHO I’ AM?

Kami Prodi S1 Seni Rupa peminatan studio Lukis 2018 mempersembahkan pameran Virtual “Unjuk Rupa” yang bertajuk

“CRITICAL, BUT WHO I’ AM?”

Pameran ini merupakan representasi dari pendapat masing-masing seniman mengenai isu yang menjadi perhatian mereka termasuk isu-isu sosial, fisik manusia, psikologi, dan seni itu sendiri.

Berbicara berarti memahami.
“Kritis, tapi siapa saya?”
“Kami hanya sekelompok mahasiswa seni”.

Pembukaan :
Rabu, 20 Januari 2021 pukul 13.00 WIB
Tautan Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/85863244865

Pameran :
20-27 Januari 2021,
Artsteps galeri virtual,
Tautan pada bio instagram @unjuk.rupa

#unjukrupaexhibition
#onlineexhibition

Metode Analisis Kualitatif Menggunakan Software NVivo

Metode Analisis Kualitatif Menggunakan Software NVivo
Senin, 11 Januari 2021
13.30 WIB

Narasumber:
Agustinus Bandur, Ph.D.
Senior Lecturer and Strategic Research & Partnership Team Leader,
Doctor of Research in Management, BINUS Business School, BINUS University Jakarta

Moderator:
Wirania Swasty, S.Ds, M.AB.

Live on Zoom
https://zoom.us/j/94760599705


Kelompok Keahlian
Acties | Deconstra | Inlive | Medcraft
Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom

(IAZ)

Wisuda Daring Telkom University Periode I Tahun Akademik 2020/2021 dengan tema “Indahnya Budaya Indonesia”

Hai #TelUtizen
Kami informasikan untuk Wisuda Daring Telkom University Periode I Tahun Akademik 2020/2021 dengan tema “Indahnya Budaya Indonesia” akan diselenggarakan pada Sabtu, 28 November 2020 pukul 08.00 WIB melalui Zoom.

Wisudawan wajib mengikuti penyelenggaraan “Indahnya Budaya Indonesia” melalui aplikasi Zoom yang telah tersedia untuk masing-masing Fakultas.?? (Link, password dan Virtual Background akan dikirimkan melalui Broadcast SMS, WA dan Email seluruh Wisudawan)

Untuk keluarga dan kerabat wisudawan dapat mengikuti pelaksanaan Wisuda melalui Official Youtube Telkom University pada pukul 09.00 WIB.

Dan tentunya moment Wisuda kali ini akan terasa berbeda karena para Wisudawan akan menampilkan keberagaman budaya daerah nya masing-masing.

Sampai bertemu di hari sabtu besok ya!

#telkomuniversity#kampusswastaterbaik#wisudaindahnyabudayaindonesia
#Repost@telkomuniversity

Bandung Creative Movement Ke-7 Kembali di Gelar Fakultas Industri Kreatif Tel-U

Bandung – Telkom University kembali menggelar International Conference yaitu Bandung Creative Movement (BCM) ke-7 tahun 2020 yang merupakan event tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Fakultas Industri Kreatif (FIK) Tel-U. Acara ini berlangsung hari Kamis, (12/11) secara daring melalui Zoom Meeting.

Tujuan utama Bandung Creative Movement (BCM) adalah untuk menyediakan wadah bagi para peneliti, insan kreatif, akademisi serta profesional industri dari seluruh dunia untuk mempresentasikan hasil penelitian dan kegiatan pengembangannya di bidang Teknologi, Desain, Kemasyarakatan, Bisnis, dan Lingkungan.

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya mengungkapkan bahwa konferensi internasional ini dapat menjadi wadah untuk saling bertukar ide antar praktisi. “BCM merupakan event tahunan oleh FIK sejak 2013. Melalui konferensi internasional ini, tidak hanya meningkatkan publikasi internasional, lebih dari itu sebagai ajang publikasi serta media exposure khususnya bagi FIK. Lebih jauh, menjadi sebuah wadah untuk saling bertukar ide seputar bisnis atau riset untuk kolaborasi kedepan.” Ungkap rektor.

Konferensi ini memberikan kesempatan bagi para delegasi untuk bertukar ide dan pengalaman aplikasi baru secara langsung, untuk membangun hubungan bisnis atau penelitian, dan untuk menemukan mitra global untuk kolaborasi di masa depan.

Dekan Fakultas Industri Kreatif, Dr. Roro Retno Wulan, S.Sos, M.Pd, juga mengatakan dalam menghadapi perubahan global, semua lini perlu berkolaborasi khususnya di era Industri 4.0 yang tidak dapat kita hindari. Kuncinya adalah beradaptasi dengan keadaan.

Tema yang diangkat pada pelaksanaan Bandung Creative Movement (BCM) ke-7 ini adalah Dynamics of Industrial Revolutions 4.0 yang membahas berbagai topik menarik meliputi Creative Technology, data, and creative industry; Digital Transformation of environment; Digital Technology and cultural evolution; Innovation of Products, Creative industries management and marketing; Aesthetic evolution in digital era; Digital education for creative industries; Cultural Evolution in Time of Pandemic.

Adapun Keynote Speaker yang hadir pada event ini yaitu Vichaya Mukdamanee, BFA, MFA, PhD – Fine Artist / Lecturer of Researcher at Silpakorn Thailand; Dr. Mumtaz Mokhtar (Assoc. Prof. Dr.) PhD – Art and Design, Degree Fine Art, Dip. Art Edu. / Lecturer and Researcher at UiTM Malaysia; Florian Heinzelmann, PhD, Dipl.-Ing. (FH), M. Arch., SBA – Architect Director of SHAU Architecture and Urbanism; Dr. Ira Wirasari., S.Sos., M.Ds. – Visual Communication Design, Lecturer/Researcher at Creative Industry Faculty, Telkom University

Sebagai informasi, konferensi yang diadakan setiap tahun sejak 2013 ini terdiri dari tiga kegiatan besar, yaitu Konferensi Internasional di kalangan industri Kreatif, Lokakarya Profesional Industri Kreatif, dan Pameran Internasional Karya Seni dan Desain. Dihadiri oleh sedikitnya 15 perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, dengan prosiding yang terindeks penerbitan internasional CRC Press dan Scopus.

Untuk dapat merasakan keseruan acaranya, anda dapat menyimaknya melalui tautan video berikut ini:

source: https://telkomuniversity.ac.id/bandung-creative-movement-ke-7-kembali-di-gelar-fakultas-industri-kreatif-tel-u/
(IAZ)

Google SKETCH-UP Training & Certification

Google SKETCH-UP Training & Certification
ACA Pacific x Prodi Desain Interior Fakultas Industri Kreatif
Open registration: Batch 1 & Batch 2
Terbuka untuk mahasiswa dan alumni Desain Interior FIK

Pelatihan berlangsung selama 4 sesi: 18-22 Desember 2020

Informasi lebih lanjut dapat mengakses link registrasi:
https://bit.ly/FIK_SketchUp2020

atau hubungi CP:
Andreas Handoyo 081322021020
Kiki Amelia 082120104009

(IAZ)