Category: Kemahasiswaan

Mahasiswi Tel-U Menjadi Perwakilan Indonesia pada ART-I-CULATE

BANDUNG, Telkom University – Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik No. 1 di Indonesia terus melahirkan generasi muda yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.  Salah satu mahasiswa Telkom University berhasil menjadi perwakilan Indonesia pada ajang internasional ART-I-CULATE 2021.

ART-I-CULATE adalah program pengalaman digital untuk calon seniman muda. Tujuan dari program ini adalah untuk memperjuangkan pemahaman budaya dan inovasi digital yang berpusat pada seni antara ASEAN dan Inggris. Acara ini diikuti oleh para seniman muda berusia 14 – 21 tahun dari Inggris dan 5 negara ASEAN: Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Setelah melewati proses seleksi, dipilihlah 30 orang yang menjadi peserta pada ajang ini.

Neng Lina Lestari, mahasiswi program studi S1 Desain Interior Fakultas Industri Kreatif Telkom University berhasil menjadi perwakilan Indonesia pada ajang tersebut. Neng Lina menjelaskan bahwa ART-I-CULATE 2021 merupakan event pertukaran seniman lintas budaya/negara yang menghadirkan para seniman kelas dunia sebagai mentornya.

“Kita diberikan mentoring oleh beberapa mentor handal di antaranya yaitu Michael Yee Fuh Wen, Janique Charles, Emma Winterschladen, Micah Hilotin, Michelle C., Kristin Dwek, Dr. Asma Abdullah dan masih banyak lagi. Kami dipasangkan dengan partner lain dari negara yang berbeda, isi pembahasannya merupakan pembicaraan seni dengan budaya masing,” ucapnya.

Pada ajang tersebut, setiap peserta berpartisipasi dalam kolaborasi kreatif lintas budaya dan membentuk persahabatan jangka panjang dan peluang bimbingan dalam mengembangkan portfolio seta bertemu dengan seniman kelas dunia yang menginspirasi. Peserta akan diberikan akses ke seri digital berkualitas tinggi dari kelas master seni dan dialog budaya selama tiga bulan untuk meningkatkan portofolio mereka. Ajang ini diselenggarakan secara online melalui platform ZOOM Meeting.

“Materi-materi yang dibawakan oleh mentor-mentor itu terkait Colours of the Future, Creating Dialogues Through Art, Deep Diving into the Shared & Unique Creative Identity, Creative Collaboration and Cultural Diversity Exploration and Final Exhibition. Kurang lebih kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan. Selama 3 bulan itu full kegiatan mentoring dan diskusi sesuai topik, final dari setiap topik itu kita membuat karya seni.”

Di akhir program, karya seni akan ditampilkan dalam pameran seni digital yang dapat diakses oleh khalayak luas secara global. Karya seni juga akan diterbitkan melalui e-book, yang menampilkan peningkatan pengetahuan artistik dan teknologi para peserta, sinergi kolaboratif dan pemahaman budaya transformatif tentang seni dan budaya Asia Tenggara dan Inggris.

Pada Final Exhibition, Neng Lina menampilkan sebuah karya masterpiece yang diberi judul ‘Woman Today’ yang terinspirasi dari isu sosial saat ini. Walaupun di tengah-tengah Pandemi Covid-19 ini banyak peran yang mengambil banyak risiko, tidak hanya berdasarkan gender, melainkan beberapa profesi pekerjaan.

“Di tengah pandemi ini mengharuskan semua orang pintar dalam mengambil keputusan dan mempertimbangkannya. Salah satu yang menurut saya unik dalam hal pertimbangan dan keputusan adalah wanita.”

Neng Lina mengatakan selain harus mempercantik diri, perempuan kini harus memperhatikan faktor kesehatan lingkungan dengan menggunakan masker, di mana makeup tidak lagi menjadi faktor utama penampilan wanita. Wanita saat ini harus banyak pertimbangan dan kesadaran, supaya tidak hanya cinta pada tampilan saja, melainkan orang yang ada di sekitar.

Neng Lina juga menambahkan bahwa melalui ajang tersebut, banyak benefit yang didapatkan, salah satunya relasi dengan para seniman tingkat dunia yang berasal dari berbagai negara. Neng Lina berharap melalui ajang ini para seniman di luar sana dapat saling mendukung karya seni dan kebudayaan dari berbagai negara.

Yuk kunjungi pameran onlinenya pada link:
https://artspaces.kunstmatrix.com/node/6571908
(hingga 30 Juni 2021)

[Reposted] IAZ
source : https://telkomuniversity.ac.id/mahasiswi-tel-u-menjadi-perwakilan-indonesia-pada-art-i-culate/

Internasional Webinar Antara Telkom University dan Silpakorn University

Fakultas Industri Kreatif Telkom University (FIK Tel-U) bersama Silpakorn University Thailand menggelar Internasional Webinar bertajuk Mix Media & Photography, yang digelar secara daring melalui Zoom Aplikasi, Rabu (24/2).

Turut hadir sebagai pembiacara dalam acara ini adalah Dr. Vichaya Mukdamanee Deputy Dean for Special and International Affairs Faculty of Painting Sculpture and Graphic Arts Silpakorn University Thailand dan Adrian Permana Zen., S.Ds., M.A., Dosen Fakultas Industri Kreatif Telkom University.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kolaborasi antar dua universitas di dua negara ini sangat baik, dimana melalui kolaborasi ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat dalam menumbuhkan ide-ide dalam memajukan bangsa Indonesia dan Thailand.

“Semangat kolaborasi antar negara ini sangat baik, dimana melalui kolaborasi ini kita bisa bertukar pikiran dan bertukar ide-ide sehingga menumbuhkan ide-ide kreatif dari masing-masing institusi, semoga kolaborasi ini bisa terus terjalin dan mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang bermuara pada kebaikan.” Jelasnya.

Dalam pemaparannya, Dr. Vachaya menyampaikan materi bertajuk Mix Media Movement in 1990 Thailand : The Transitional Period Between Modern and Contemporary Art.

“Pertumbuhan media yang terjadi sejak tahun 90an sangat signifikan, mixing media disini adalah bagaimana menggabungkan berbagai aktifitas seni dengan teknologi, dengan menggunakan berbagai Teknik, sehingga seiring perkembangannya penggabungan itu dapat menghasilkan sebuah karya seni yang sangat indah.” Ucap Dr. Vachaya.

Sejalan dengan Dr. Vachaya, Adrian Permana Zen dengan materi Computational Photography: The Role of AI in the Development of Photograph.

“Teknik foto seiring dengan adanya Artificial Intelligent (AI), kita semakin dimudahkan serta mampu memperdalam Teknik fotography, sehingga dalam proses foto banyak hasil-hasil karya foto yang diproses menggunakan AI, sehingga memiliki hasil foto yang baik.” Ucapnya.

Sharing Session – Tips n Trik Menulis Proposal PKM 2021

Sehubungan akan diadakannya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021. Kami mengundang Telyutizen dari Fakultas Industri Kreatif yang ingin turut serta dalam acara PKM 2021 untuk hadir dalam Sosialiasi Tips & Trik PKM 2021.

Untuk sosialisasi akan diinformasikan secara online sebagai berikut :

Hari : Kamis, 11 Februari 2021
Pukul : 15.00
Media Meeting: Aplikasi Zoom

Link : https://zoom.us/j/91038728301

Pembicara : Mahendra Nur Hadiansyah, ST., M.Ds & Morinta Rosandini, S.Ds.,M.Ds

Panduan dan Pendoman untuk mengikuti kegiatan PKM 2021:
https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/wp-content/uploads/2021/02/Pedoman-PKM-2021.pdf

Terimakasih atas kerjasamanya
mari bersama kita sukseskan PKM ini!!

(IAZ)

Pameran Virtual Unjuk Rupa – CRITICAL, BUT WHO I’ AM?

Kami Prodi S1 Seni Rupa peminatan studio Lukis 2018 mempersembahkan pameran Virtual “Unjuk Rupa” yang bertajuk

“CRITICAL, BUT WHO I’ AM?”

Pameran ini merupakan representasi dari pendapat masing-masing seniman mengenai isu yang menjadi perhatian mereka termasuk isu-isu sosial, fisik manusia, psikologi, dan seni itu sendiri.

Berbicara berarti memahami.
“Kritis, tapi siapa saya?”
“Kami hanya sekelompok mahasiswa seni”.

Pembukaan :
Rabu, 20 Januari 2021 pukul 13.00 WIB
Tautan Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/85863244865

Pameran :
20-27 Januari 2021,
Artsteps galeri virtual,
Tautan pada bio instagram @unjuk.rupa

#unjukrupaexhibition
#onlineexhibition

ANTARA – pameran daring Mahasiswa Seni Rupa

Antara adalah sebuah pameran daring yang diadakan oleh mahasiswa Seni Rupa Telkom University sebagai bagian dari rangkaian acara Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Seni Rupa Telkom University. Pameran ini merupakan sebuah ruang untuk menyalurkan perasaan dan pengalaman kolektif seniman di tengah kondisi saat ini, yang kemudian ditransformasikan melalui berbagai medium. Pameran ini menampilkan beberapa karya seniman yang menyuguhkan metode katarsisnya sebagai bagian dari rehat. Melalui pameran ini, diharapkan menjadi sebuah jendela untuk berefleksi ke dalam diri; tidak hanya bagi seniman, tetapi juga bagi apresiator, apakah rehat menjadi pilihan untuk berdaulat atau hanya sebagai titik henti sementara dalam kehidupan.

Pameran dapat diakses mulai tanggal 13 November Pukul 15.00 WIB sampai tanggal 20 November 2020 pada tautan berikut:
https://pameranantara.crd.co/

(IAZ)

Mahasiswa DKV Menjadi Juara di Kompetisi Layar Radio 1

Kompetisi Layar Radio 1 yang diselenggarakan oleh PT. Arena Indonesia merupakan jenis lomba streaming layar radio yang terbagi menjadi dua kategori yakni streaming layar radio pro dan starter. Streaming dilakukan selama 5 minggu, 3 kali dalam satu minggu pada hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu jam 17.00 – 22.00 WIB.

Mahasiswa DKV berpartisipasi dalam kompetisi ini yang terbagi dalam dua grup, yakni Sinesia dan Brokoli. Sinesia yang berada dalam kategori pro menempati juara 3 nasional dan Brokoli yang berada dalam kategori starter menempati juara 5 nasional.

Adapun nama mahasiswa yang berpartisipasi:

1. Yulio Dwi Putra Prasetia – DKV / 1601164065 (Co-Host)

2. Raymon Tri Rijal Hakim – DKV / 1601160435 (Host)

3. Prayoga Putra Udhira – DKV / 1601160040 (Co-Host)

4. Radito Pranama Akbar – DKV / 1601164421 (Operator / Editor)

5. Andhika Lingga Putera – DKV / 1601164036 (Creative Content)

6. Eriyanto Taufik Ibrahim – DKV / 1601164132 (Creative Content)

7. Adzanul Aziz Al’Arsy Sasongko – DKV / 1601164070 (Host)


Mahasiswa FIK Menjuarai Film Pendek

Rosalia Dhea – Juara 1
Yudha Aji – Juara 2

Rosalia Dhea Puspitasari,mahasiswi dari program studi Desain Komunikasi Visual dan Yudha Aji Wiratama Sukidjo, mahasiswa program studi Seni Rupa, masing-masing telah meraih Juara 1 dan Juara 2 FIlm Pendek dalam kegiatan “Kelas Film Musim Hujan” yang diadakan oleh Exsport dan The Panas Dalam Movie.