Category: Kerjasama

Telkom University Perguruan Tinggi dengan Jumlah Pendaftar Mahasiswa Kampus Merdeka Terbanyak

Telkom University masuk dalam top 10 perguruan tinggi dengan jumlah pendaftar mahasiswa terbanyak pada program Kampus Merdeka Tahun 2021. Terima kasih untuk TelUtizen yang sudah berpartisipasi pada program ini.

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Terdapat tiga program yang saat ini dibuka, yaitu:
1. Magang dan Studi Independen Bersertifikat (Pendaftaran: 10 Juni – 31 Juli 2021)
2. Pertukaran Mahasiswa Merdeka (Pendaftaran: 14 Juni – 2 Juli 2021)
3. Kampus Mengajar (Pendaftaran: 15 Juni – 30 Juni 2021)

Informasi lengkap mengenai pendaftaran Program Kampus Merdeka 2021 dapat diakses melalui website: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

#telkomuniversity#kampusswastaterbaik#creatingthefuture

Pembangan Konten Multimedia Pariwisata

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kolaborasi internal usulan pengajar program studi Informatika Fakultas Informatika, Hubungan Masyarakat Fakultas Komunikasi dan Bisnis dengan program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Industri Kreatif dengan Universitas Telkom. Berawal dari potensi Pemuda Penggerak Pariwisata Kabupaten Bandung (PAPRIKA) yang memiliki tugas untuk melakukan perencanaan dan melaksanakan tugas penggerak pariwisata kabupaten Bandung meliputi promosi, sosialisasi, sosial, dan pencitraan Seni Budaya dan Kepariwisataan di wilayah Kabupaten Bandung. Masalah yang ada yaitu masih terdapat beberapa kekurangan dalam kegiatannya melakukan fungsinya sebagai penggerak pariwisata kabupaten Bandung, seperti kreatifitas mengenai konsep konten, manajemen media sosial, pemahaman lebih mengenai desain grafis untuk mendukung kualitas konten yang mereka tampilkan dalam berbagai platform media sosial yang dimiliki agar dapat lebih menarik secara tampilan visualnya. Dari masakah yang ada, penulis bertujuan membuat pelatihan Pelatihan komunikasi pemasaran digital, public writing (copy writing) dan konten desain grafis yang dilengkapi dengn e-modul. Perancangan ini ditujukan agar lebih maksimal dalam melakukan perencanaan dan melaksanakan tugas penggerak pariwisata kabupaten Bandung meliputi promosi, sosialisasi, sosial, dan pencitraan Seni Budaya dan Kepariwisataan di wilayah Kabupaten Bandung. 

Tim Dosen:

Fakultas Informatika

Rahmat Yasirandi, S.T., M.T.

Dita Oktaria, S.Kom., M.T.

Fakultas Industri Kreatif

Dr. Didit Widiatmoko Soewardikoen, M.Sn.

Taufiq Wahab, S.Sn., M.Sn.

Nisa Eka Nastiti, S.Ds., M.I.Kom.

Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Dr. Amalia Djuwita, Dra. M.M.,

Moch. Armien Syifaa Sutarjo.S., M.I.Kom.

Internasional Webinar Antara Telkom University dan Silpakorn University

Fakultas Industri Kreatif Telkom University (FIK Tel-U) bersama Silpakorn University Thailand menggelar Internasional Webinar bertajuk Mix Media & Photography, yang digelar secara daring melalui Zoom Aplikasi, Rabu (24/2).

Turut hadir sebagai pembiacara dalam acara ini adalah Dr. Vichaya Mukdamanee Deputy Dean for Special and International Affairs Faculty of Painting Sculpture and Graphic Arts Silpakorn University Thailand dan Adrian Permana Zen., S.Ds., M.A., Dosen Fakultas Industri Kreatif Telkom University.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kolaborasi antar dua universitas di dua negara ini sangat baik, dimana melalui kolaborasi ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat dalam menumbuhkan ide-ide dalam memajukan bangsa Indonesia dan Thailand.

“Semangat kolaborasi antar negara ini sangat baik, dimana melalui kolaborasi ini kita bisa bertukar pikiran dan bertukar ide-ide sehingga menumbuhkan ide-ide kreatif dari masing-masing institusi, semoga kolaborasi ini bisa terus terjalin dan mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang bermuara pada kebaikan.” Jelasnya.

Dalam pemaparannya, Dr. Vachaya menyampaikan materi bertajuk Mix Media Movement in 1990 Thailand : The Transitional Period Between Modern and Contemporary Art.

“Pertumbuhan media yang terjadi sejak tahun 90an sangat signifikan, mixing media disini adalah bagaimana menggabungkan berbagai aktifitas seni dengan teknologi, dengan menggunakan berbagai Teknik, sehingga seiring perkembangannya penggabungan itu dapat menghasilkan sebuah karya seni yang sangat indah.” Ucap Dr. Vachaya.

Sejalan dengan Dr. Vachaya, Adrian Permana Zen dengan materi Computational Photography: The Role of AI in the Development of Photograph.

“Teknik foto seiring dengan adanya Artificial Intelligent (AI), kita semakin dimudahkan serta mampu memperdalam Teknik fotography, sehingga dalam proses foto banyak hasil-hasil karya foto yang diproses menggunakan AI, sehingga memiliki hasil foto yang baik.” Ucapnya.