Archives: News

S1 Kriya Tekstil Telkom University

6 Pekerjaan yang Sesuai dengan Lulusan Kriya Tekstil dan Fashion

Banyak yang memilih jurusan karena prospek karir menjanjikan. Pekerjaan yang sesuai dengan lulusan Kriya sangat banyak, cocok untuk yang kreatif dan suka seni.

Pekerjaan yang sesuai dengan lulusan Kriya sangat banyak pilihannya, Anda tidak perlu khawatir karena peluang berkarir mandiri pun terbuka lebar. Di Telkom University, Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion termasuk jurusan unggulan dan diminati banyak orang. Lulusan prodi ini pun telah berkarir sebagai entrepreneur dan praktisi di bidang kriya, tekstil, dan fashion. 

Jurusan ini dibekali berbagai disiplin ilmu agar setelah lulus nanti menjadi orang yang mumpuni kemampuan dan pengetahuannya. Mereka mampu merancang desain busana, tekstil dan kerajinan lain dengan inovasi tinggi berdasarkan pengembangan ICT juga Budaya Indonesia. Lulusan Kriya Tekstil dan Fashion dipersiapkan untuk memiliki kemampuan komprehensif demi terwujudnya gagasan inovatif dan kreatif.

Pekerjaan yang Sesuai dengan Lulusan Kriya Tekstil dan Fashion

Banyak sekali pekerjaan yang sesuai dengan lulusan Kriya Tekstil dan Fashion. Lulusan dapat menuangkan ide-idenya dengan kreatif dan inovatif di berbagai bidang pekerjaan terkait. Beberapa contoh pekerjaan yang sesuai jurusan ini, di antaranya:

  • Sarjana kriya bisa menciptakan macam-macam karya seni yang indah, berbeda atau unik, juga bernilai guna dan jual yang tinggi.
  • Lulusan kriya bisa menjadi seorang desainer dengan mengaplikasikan jiwa kewirausahaannya sehingga dapat berkarir mandiri dengan menciptakan peluang kerja bagi masyarakat.
  • Atau bisa juga menjadi seseorang yang berperan membawa seni kriya khas Indonesia seperti tenun, batik, wayang, tenun, dan kerajinan lainnya ke dunia internasional.
  • Lulusan program studi kriya juga bisa menjadi seorang tenaga pengajar di jurusan terkait seni rupa, kriya, dan fashion.
  • Sarjana kriya bisa menjadi tenaga ahli di bidang Kriya Tekstil dan Fashion profesional dengan menjadi seorang fashion designer, creator, juga peneliti.
  • Lulusan juga bisa membuka lembaga kursus atau pelatihan di bidang kriya, tekstil, dan juga fashion.

Tentunya masih banyak lagi peluang berkarir bagi lulusan kriya selain yang kami sajikan. Pekerjaan yang sesuai dengan lulusan Kriya sangat terkait dengan kreativitas dan keterampilan seseorang disertai sentuhan seni. Anda yang menyukai keindahan dan keterampilan sepertinya akan sangat berjodoh dengan jurusan ini.

Kode Dosen FIK Telkom University

Kode Dosen Fakultas Industri Kreatif Telkom University, 3 Keunggulan Jurusan ini yang Perlu Diketahui

Kode dosen Fakultas Industri kreatif Telkom University terdiri dari lima prodi. Lima prodi tersebut yaitu Desain Interior, Seni Rupa, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual serta Kriya Tekstil dan Mode

Kode dosen Fakultas Industri Kreatif Telkom University adalah satu fakultas yang memiliki lima prodi yang berfokus pada seni dan kreativitas.

Apa saja keunggulan fakultas ini? Berikut pembahasannya.

Kode Dosen Fakultas Industri Kreatif Telkom University, 3 Keunggulan Jurusan yang Perlu Diketahui

Kode dosen Fakuktas Industri Kreatif Telkom University menaungi lima prodi yang berfokus pada industri seni dan kreativitas. Maksudnya berbeda dengan fakultas pada PT lain, FIK Tel-U menambahkan jenis keilmuan yang dibutuhkan pada setiap prodinya.

Berikut beberapa keunggulan FIK Tel-U yang perlu diketahui.

Menambahkan ilmu kekinian

Di masa persaingan global sekarang ini industri kreatif tidak bisa hanya berisi kreativitas seni dan kreativitas industri saja. Pelaku industri kreatif harus diberi bekal ilmu kekinian. 

Misalnya jurusan DKV Tel-U, berbeda dengan DKV pada PT lain, DKV Tel-U memiliki SKS yang lebih padat dalam satu semesternya. Di DKV yang merupakan pengembangan dari Desain Grafis, mahasiswa juga akan mendapatkan ilmu manajemen. Sehingga DKV akan menghasilkan lulusan yang unggul dalam desain visual dan manajemen.

Banyak laboratorium kreatif

Fakultas Ilmu Kreatif Tel-U memiliki setidaknya 21 laboratorium kreatif. Di antaranya lab CGI, lab Mac, lab multimedia, lab bengkel, lab prototyping & 3D printing, lab batik, dan lain sebagainya.

Semua lab tersebut berusaha menyediakan sarana terbaik yang bisa digunakan ke lima prodi tersebut. Terbayang mengasyikkannya mencoba bekerja di semua lab tersebut bukan?

Beasiswa bagi S1 dan S2

Bagi program S1 dan S2 selalu ada program beasiswa dengan pembaruan syarat dan ketentuan di setiap tahunnya. Sehingga calon mahasiswa perlu untuk selalu memantau website Tel-U agar tidak tertinggal dengan kabar terbaru.

Kode desain Fakultas Industri Kreatif Telkom University merupakan pilihan tepat untuk anak muda kreatif dan suka belajar ilmu-ilmu kekinian.

.

S1 Kriya Tekstil Telkom University

Cara Untuk Masuk Jurusan Kriya Tel-U Fakultas Industri Kreatif

Ada banyak cara untuk masuk jurusan Kriya Tel-U dan ada tawaran beasiswa juga yang bisa diperoleh. Selain dengan nilai akademik bisa juga dengan cara ujian tulis.

Buat yang suka dengan desain dan mode, jurusan kriya salah satu prodi dari fakultas di Tel-U yang wajib kalian pilih. Cara masuk jurusan Kriya Tel-U juga mudah. 

Program Studi Unggulan

Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion dari Fakultas Industri Kreatif – Telkom University adalah program studi unggulan yang didirikan pada tahun 1992. Para lulusannya pun telah banyak berkarir sebagai praktisi dan entrepreneur handal dalam fashion dan kriya tekstil.

Pembelajaran KTM sendiri mengacu pada Tridharma Perguruan Tinggi pada Program Studi Kriya Tekstil & Fashion. Tridharma ini sendiri sengaja dibuat agar menghasilkan para lulusan yang memiliki kemampuan dalam perancangan desain fashion maupun tekstil yang inovatif.  Basis desain tentunya pada pengembangan ICT dan Budaya Nusantara. Diharapkan nantinya lulusan prodi KTM punya kemampuan yang komprehensif dalam mewujudkan ide-ide kreatif-inovatif sesuai ilmu yang diperoleh.

Cara Masuk Jurusan Kriya Tel-U

Pendaftaran untuk kuliah di jurusan Kriya Tel-U tentunya bisa disesuaikan dengan kemampuan kalian. Untuk pendaftaran bisa langsung klik link website Tel-U

Selain itu cara masuk jurusan Kriya Tel-U juga bisa dengan mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh Tel-U. Salah satunya adalah melalui Jalur Prestasi Akademik.

Jalur Prestasi Akademik menggunakan penilaian rata-rata nilai rapor dari semester 1-4 sebagai jalur penerimaan calon mahasiswa. Penilaiannya juga harus memenuhi nilai nominal 70 untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika. Minimal rata-rata 2.6 bagi para lulusan dengan kurikulum 2013.

Tenang, masih ada cara lain lho, kalau nilai akademik tidak memenuhi persyaratan. Kalian bisa masuk dengan mengikuti ujian tulis gelombang. Cara yang satu ini bahkan memberikan kesempatan bagi kalian untuk mendapatkan beasiswa lho untuk tiga besarnya.

Menarik bukan bisa kuliah dengan gratis plus berprestasi. Selain beasiswa langsung dari Tel-U, ada juga program beasiswa hasil kerjasama dengan lembaga lainnya. Beasiswa sendiri ada yang full tidak bayar sama sekali biaya pendidikan, ada juga yang berupa potongan biaya pendidikan. Cara masuk jurusan Kriya Tel-U yang mana jadi pilihan kalian? 

S1 Seni Rupa Telkom University

Kuliah Jurusan Seni Rupa: 4 Prospek Karir Menarik dan Menjanjikan

Sekolah sesuai minat adalah kebahagiaan, seperti kuliah jurusan Seni Rupa misalnya. Jangan khawatir, jurusan ini punya prospek karir gemilang.

Kuliah jurusan Seni Rupa terkadang masih dipandang sebelah mata karena prospek karir yang tak begitu tampak layaknya dokter, pebisnis, dll. Padahal, jurusan Seni Rupa pun memiliki peluang berkarir yang jelas dan menjanjikan. Hal inilah yang terkadang menjadi pertimbangan, akan kerja apa usai lulus nanti?

Di Telkom University, lulusan Seni Rupa menempati posisi berkarir yang layak diperhitungkan. Selain itu, lukusan juga ada yang menempuh jalur berkarir mandiri dengan menyalurkan kemampuan dan jiwa enterpreneurnya. 

Ingin menjadi apa setelah lulus nanti? Yuk kenali prospek karir bagi sarjana seni rupa.

Prospek Karir Kuliah Jurusan Seni Rupa

Anda tidak usah ragu menjalani pendidikan di bidang Seni Rupa, apa pun alasan Anda menjatuhkan pilihan. Jurusan ini pun sama, memiliki peluang karir yang luas. Banyak posisi pekerjaan yang sudah ditempati para lulusan yang kuliah jurusan Seni Rupa di Telkom University.

Mari simak pekerjaan apa saja yang sesuai dengan jurusan Seni Rupa atau Visual Art.

Ilustrator

Kuliah jurusan Seni Rupa tentu tidak asing dengan ilustrasi atau gambar. Mereka bisa menjadi seorang ilustrator untuk banyak kepentingan seperti iklan, ilustrasi produk, dll.

Desainer Grafis

Desainer grafis merupakan pekerjaan yang tidak ada matinya. Hampir semua bidang memerlukannya untuk berbagai kepentingan. Selain itu, pekerjaan ini bisa dilakoni dari rumah. 

Kurator

Pekerjaan satu ini akan menyalurkan jiwa seni Anda, apalagi jika menyukai seni yang memiliki nilai historis. Mengurus dan mempertimbangkan karya yang hendak diikutkan pameran di museum bisa Anda jalani. 

Entrepreneur

Sarjana seni rupa tentu bisa menjadi entrepreneur dengan berwirausaha. Pilihan usaha yang digeluti sangat beragam pilihan nya, Anda bisa mendirikan bisnis clothing, melukis dan memamerkan karya di galeri sendiri, dll.

yang menarik dari menjadi entrepreneur adalah penghasilannya tidak ada yang menentukan, kecuali usaha sendiri. Penghasilannya bisa sangat besar sesuai dengan kemampuan, promosi, dll.

Selain yang sudah disebutkan di atas tentunya masih banyak lagi prospek karir bagi yang kuliah jurusan Seni Rupa. Jadi, tidak usah ragu menjalani pendidikan sesuai passion.

S1 Kriya Tekstil dan Fashion Telkom University

Syarat Memperoleh Beasiswa Prodi Kriya Tekstil dan Fashion Tel-U

Kuliah di program studi pilihan secara gratis adalah hal yang menyenangkan. Tel-U memberikan beasiswa bagi para mahasiswanya yang punya IP 3,5.

Kuliah di jurusan yang diminati adalah hal yang menyenangkan apalagi bisa gratis. Beasiswa Prodi Kriya Tekstil dan Fashion Telkom University bisa jadi pilihan untuk kuliah gratis lho. Tentu saja ada syarat dan ketentuannya untuk bisa memperoleh beasiswa di program studi yang satu ini.

Program Studi Unggulan Tel-U

Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion Telkom University menjadi program studi unggulan pada Fakultas Industri Kreatif milik Tel-U.  Fakultas ini sudah ada sejak Mei 1991 sesuai dengan SK 0272/0/1991 dan nomor SK BAN-PT 002/BAN-PT/AK-V/S1/III/2002. 

Dosen-dosen pengajar program studi ini juga merupakan lulusan dari disiplin ilmu Kriya Tekstil, Fashion, Seni Rupa, Bisnis dan Management. Dipastikan latar belakang dan jejak rekam para dosen adalah tenaga ahli/instruktur pelatihan bidang industri tekstil dan mode. Selain itu mereka juga memiliki bisnis bidang fashion. Kemampuan merancang desain fashion maupun tekstil inovatif para pengajar berbasis terhadap Budaya Nusantara dan optimalisasi pengembangan ICT.

Fasilitas Penunjang Kegiatan Belajar

Beasiswa Prodi Kriya Tekstil dan Fashion Telkom University juga dilengkapi beberapa laboratorium, yaitu: 

  • Laboratorium Pola & Jahit
  • Laboratorium Textile Exploration
  • Laboratorium Komputer Desain
  • Laboratorium Fotografi 

Setiap laboratorium dilengkapi peralatan penunjang untuk aneka kegiatan perkuliahan dan praktek mahasiswa pada setiap laboratorium tersebut. 

Selain itu ada sejumlah program kegiatan studi lapangan juga  yang disiapkan untuk membekali para mahasiswa prodi KTM.

Syarat Memperoleh Beasiswa Prodi Kriya Tekstil dan Fashion Telkom University

Untuk bisa memperoleh Beasiswa Prodi Kriya dan Fashion Telkom University tentunya ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi: 

  • Diberikan bagi siswa siswi lulusan SMA/SMK/MA sederajat kelas 12 atau yang sudah lulus maksimal lima tahun sebelumnya
  • Memiliki komitmen dalam belajar dan menggapai cita – cita 
  • Dapat berkontribusi untuk perubahan bangsa dan negara
  • Mempunyai prestasi gemilang dalam bidang akademik atau non akademik
  • Berpengalaman dalam organisasi
  • Tidak sedang menerima beasiswa lain
  • Apabila lolos, berkomitmen untuk mendapatkan nilai IPK minimal 3,5 setiap semester

 Nah, tertarik dengan Beasiswa Prodi Kriya Tekstil dan Fashion Telkom University ini? Yuk, daftar sekarang juga di Telkom University dan pilih program studi satu ini.

S1 Kriya Tekstil Telkom University

Jurusan Tekstil di Indonesia, Bagaimana Prospek Kerjanya?

Jurusan Tekstil di Indonesia berkembang pesat seiring perkembangan industri tekstil. Sehingga memerlukan dukungan dari orang yang kompeten di bidangnya.

Program studi Kriya Tekstil menjadi salah satu program unggulan di Fakultas Industri Kreatif. Jurusan Tekstil di Indonesia terbaik bisa Anda temukan di Telkom University. Membekali para lulusannya dengan keilmuan yang relevan sesuai kebutuhan industri.

Jurusan Tekstil di Indonesia

Menjadi jurusan yang banyak peminatnya, Telkom University memiliki misi, yaitu:

  • Menyelenggarakan pendidikan yang akan mendukung program kreatif sehingga menghasilkan entrepreneur yang kreatif.
  • Melaksanakan penelitian dengan orientasi untuk pengembangan kompetensi serta menghasilkan inovasi di bidang tekstil. Sehingga mampu memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat serta pertumbuhan ekonomi kreatif secara nasional.
  • Memanfaatkan perkembangan dari teknologi untuk sarana publikasi dari hasil produk implementasi kriya tekstil.

Apa saja yang akan dipelajari? Simak beberapa mata kuliah khas, antara lain:

  • 2-D Fundamental 1.
  • 3-D Fundamental 1.
  • Basic drawing.
  • Memperkenalkan art and design.
  • Sejarah dari art, design, dan fashion.
  • Budaya nusantara.
  • Jurusan Tekstil di Indonesia mempelajari digital designing for tekstil and fashion.
  • Fashion illustration.
  • Fabric and material.
  • Natural fiber and dyes.
  • Resist Dyeing.
  • Fashion business.

Mata kuliah yang ada akan mendukung kegiatan akademik. Serta untuk menambah keahlian dan kompetensi dari para lulusan nantinya.

Prospek Kerja Jurusan Tekstil

Anda tidak perlu mencemaskan setelah mengambil jurusan kuliah ini. Sebab prospek kerja terbuka lebar dengan banyak pilihan. Berikut beberapa prospek kerja yang bisa Anda pilih setelah lulus nanti, yaitu:

  • Industri tekstil dan produk tekstil.
  • Interior desain juga memberikan kesempatan Anda untuk menjadi bagian di dalamnya.
  • Institusi pendidikan dan pelatihan.
  • Industri obat-obatan tekstil.
  • Desainer untuk fashion muslim yang saat ini berkembang pesat juga membutuhkan profesional yang kompeten.
  • Industri serat sintetis dan serat alam.
  • Anda bisa bergabung dengan industri pemintalan, pertenunan. Serta finishing dan juga garment.
  • Selebihnya Anda bisa mencoba bergabung dengan jasa rekayasa.
  • Bisnis pertekstilan di Indonesia juga berkembang dengan pesat.
  • Kesempatan untuk melakukan penelitian batik di instansi pemerintah maupun swasta bisa Anda coba.

Memilih Jurusan Tekstil di Indonesia merupakan pilihan yang tepat. Sebab banyak bidang yang membutuhkan tenaga profesional sehingga dunia tekstil akan lebih berkembang lagi kedepannya.

Open House DKV 2022

Halo teman-teman DKV semuanya!

Bagaimana kabar kalian semua? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya.

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, banyak kegiatan DKV yang harus ditunda, salah satunya acara Open House (Gelar Karya mahasiswa dan mahasiswi Proddi DKV). Dengan adanya rencana perkuliahan luring di semester depan, Prodi DKV Universitas Telkom akan menyelenggarakan acara Open House kembali. Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat ya.

Bagi kalian mahasiswa dan mahasiswi DKV, khususnya angkatan 2020 dan 2021, kalian berkesempatan untuk melihat secara langsung karya terbaik dari mahasiswa dan mahasiswi DKV Universitas Telkom dari semua peminatan yang ada. Semoga Open House DKV 2022 ini bisa jadi inspirasi dan semangat agar kalian bisa berkarya lebih baik lagi.

Acara Open House DKV 2022 akan dilaksanakan pada:
Tanggal : 17 – 28 Januari 2022
Tempat : Lobi Fakultas Industri Kreatif (onsite)
Waktu : 10:00 – 15:00 WIB

Nantinya kamu akan dipandu oleh kakak-kakak dari HIMA DKV: IMAGI. Karena mengikuti prokes yang ketat, pengunjung dibatasi 20 orang perhari, jadi segera daftarkan dirimu di sini:

https://bit.ly/openDKV2022

Kami tunggu kehadiranmu di acara Open House DKV 2022 ini ya! Sampai bertemu di kampus!

S1 Kriya Tekstil dan Fashion Telkom University

13 Mata Kuliah Jurusan Kriya Tekstil & Fashion Telkom University

Mata kuliah jurusan Kriya Tekstil dan Fashion merupakan salah satu pembekalan inti yang bertujuan memupuk kompetensi mahasiswa di bidang tersebut.

Mata kuliah jurusan Kriya Tekstil dan Fashion merupakan pembelahan inti yang diberikan. Selain itu ada juga program kegiatan lapangan yang diadakan secara rutin tiap semesternya untuk membekali mahasiswa. Contohnya adalah kunjungan industri dan juga kunjungan ke lokasi pengrajin, seperti pengrajin industri rajut, batik, cetak sablon, industri kulit, dan lain sebagainya.

Fasilitas, Pengajar, dan Mata Kuliah Jurusan Kriya Tekstil dan Fashion

Program studi satu ini bisa anda temui di fakultas industri kreatif Telkom University sebagai program studi unggulan. Berdiri sejak Mei 1991 fakultas ini sudah banyak menghasilkan lulusan yang berprestasi tentunya ditunjang dengan fasilitas yang memadai.

Fasilitas Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion

Fasilitas penunjang segala kegiatan dalam proses belajar yang ada pada program studi ini, di antaranya:

  • Laboratorium Pola serta Jahit
  • Laboratorium Textile Exploration
  • Laboratorium Komputer Desain
  • Laboratorium Fotografi

Laboratorium-laboratorium ini tentunya dilengkapi dengan peralatan yang menunjang proses praktik mata kuliah jurusan Kriya Tekstil dan Mode.

Pengajar Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion

Selain ditunjang dengan fasilitas memadai, program studi ini juga memiliki pengajar yang seluruhnya memiliki latar belakang keilmuan di bidang terkait. Di antaranya, seni rupa, kriya tekstil, fashion, serta bisnis dan manajemen.

Setiap dosennya mempunyai latar belakang dan rekam jejak sebagai tenaga ahli atau instruktur pelatihan di bidang industri tekstil dan fashion. Selain itu mereka memiliki bisnis di bidang fashion yang mendukung terwujudnya lulusan yang mumpuni dalam merancang desain fashion dan tekstil. Dengan begitu akan bermunculan karya-karya yang inovatif berbasis Budaya Nusantara dan pengembangan ICT yang optimal dati lulusan.

 Mata Kuliah

  • 2 Dimensi dan 3 Dimensi Seni Fundamentals
  • Sejarah Seni, Desain, dan Busana
  • Basic Drawing
  • Creative Study
  • Introduction to Art and Design
  • Image Study
  • Fashion Illustration
  • Fashion Photography
  • Fabric and Material
  • Textile Chart
  • Clothing Production Technique
  • Aksesoris Busana
  • Technotextile

Itulah mata kuliah jurusan Kriya Tekstil dan Fashion dan hal-hal yang menunjang kompetensi mahasiswa di program studi ini, semoga bermanfaat. 

S1 Seni Rupa Telkom University

Belajar Seni Kriya Kulit Ternyata Tak Sulit

Seni kriya kulit bukan sekedar membuat mainan anak-anak belaka, tetapi juga seni yang memperhatikan fungsional dan nilai estetika dari benda tersebut. 

Kita semua pasti sudah tahu apa itu seni kriya. Seni kriya ini terdiri dari banyak jenis dan salah satunya adalah seni kriya kulit. Membuat karya seni dengan bahan kulit yang tentunya sangat menarik. 

Aneka Ragam Jenis Seni Kriya

Seni kriya adalah sebuah karya seni hasil dari keterampilan tangan. Hasil sebuah seni kriya harus memperhatikan fungsi dan memiliki nilai estetika atau keindahan.

Seni kriya telah ada sejak zaman dahulu kala. Sejak zaman Neolitikum atau zaman batu seni kriya ini telah ada menurut para ilmuwan. Masa dimana belum ada pabrik atau industri dan hanya mengandalkan karya tangan.

Seni kriya tidak hanya sekedar bermanfaat untuk terapan atau digunakan begitu saja. Namun, dapat juga digunakan untuk hiasan atau mainan untuk anak-anak.

Ada banyak ragam seni kriya yang bisa kita temukan, yaitu:  

  • seni kriya kayu
  • seni kriya keramik
  • seni kriya tekstil 
  • seni kriya logam
  • seni kriya kulit
  • seni kriya batu bata

Mengenal Seni Kriya Kulit

Seni kriya kulit jelas merupakan karya seni yang bahan dasarnya menggunakan kulit. Pembuatan seni kriya kulit banyak menggunakan kulit sapi, kulit kerbau, kulit buaya, dan lainnya.

Kulit ini sebelum dibentuk akan menjalani dulu beberapa proses pengolahan. Bermula dari tahap pemisahan kulit dari daging hewan, kemudian dicuci dengan menggunakan cairan tertentu. Berlanjut ke tahap pembersihan dan perendaman hingga akhirnya proses finishing.

Contoh dari seni kriya kulit yang bisa kita temui seperti: wayang, tali pinggang, dompet, jaket, dan lain-lain.

Para lulusan program studi ini nantinya dapat menciptakan berbagai karya seni yang estetik, unik, dan bernilai guna tinggi, serta memiliki nilai jual sehingga dapat dipasarkan. Lulusan seni kriya nantinya bisa menjadi desainer kriya yang berjiwa kewirausahaan sehingga dapat mandiri.

Seni kriya kulit adalah salah satu bidang ilmu seni rupa yang bisa kalian dapatkan di Fakultas Industri Kreatif Telkom University. Universitas unggulan dengan akreditasi A dan dosen pengajar yang sudah sangat menguasai bidang ilmu yang diajarkan. 

S1 Kriya Tekstil & Fashion Telkom University

Biaya Fashion Design Telkom University, 3 Karakter Menuju Sukses

Jadi seorang yang bekerja di bidang fashion harus memiliki visi yang kuat. Biaya Fashion Design Telkom University tak akan sia-sia, jika calon mahasiswa memiliki tekad  dan kemampuan keras untuk bersaing

Banyak hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang desainer pakaian yang sukses. Biaya Fashion Designer Telkom University yang termasuk dalam Fakultas Industri Kreatif adalah salah satunya.

Karakter apa yang dimiliki para desainer yang sekarang sukses? Simak berikut ini ya.

Biaya Fashion Design Telkom University, 3 Karakter Menuju Sukses

Biaya Fashion Design Telkom University tidak jauh berbeda dengan prodi lain di Fakultas Industri Kreatif, atau malah lebih terjangkau. Lantas apa yang membuat seorang fashion designer sukses selepas lulus dari pendidikan formal?

Berikut ini beberapa karakter tertentu yang harus diasah dan diperkuat.

Tekun

Kesuksesan tidak ada yang mampu mencapainya dalam semalam. Semua melalui proses penyempurnaan dan belajar yang terus menerus. Desainer senior yang sudah merasa sukses dan tidak mau belajar akan tenggelam oleh desainer muda yang lebih inovatif dan tekun mencoba.

Kesuksesan seorang desainer kadang dicapai secara kebetulan. Bisa jadi desain awalnya dilecehkan tetapi melihat antusiasme banyak orang akhirnya ia menjadi sukses. Salah satu contohnya adalah desain busana muslim.

Awalnya banyak yang melecehkan busana muslim karena dianggap kuno dan tidak fashionable. Tetapi seiring berjalannya waktu dan kebutuhan yang meningkat, fashion busana muslim malah mengorbitkan  desainer baru yang kreatif dan elegan. Bahkan brand ternama dunia ikut mendesain busana yang bisa digunakan umat muslim karena pangsa pasarnya yang luas.

Berpikir kompetitif

Kompetisi tidak hanya pada lomba-lomba formal, tetapi juga berkompetisi dalam berbagai kondisi.

Dalam masa pandemi misalnya, desainer banyak yang terhenti mendesain karena harga bahan melonjak  dan daya beli yang menurun. Maka desainer harus memanfaatkan peluang yang ada untuk mempertahankan brand yang sudah dibangun. Misalnya dengan aktif di YouTube channel, Tiktok, dan sosmed lain untuk memberi tutorial simpel mengenai fashion. Atau membuka kelas fashion online yang bisa memberikan keuntungan ganda yaitu membagi ilmu dan mendapat ilmu baru.

Mengembangkan pengetahuan bisnis

Masih bagian dari belajar, mengembangkan pengetahuan bisnis adalah kewajiban bagi mereka yang berada di dalamnya. Jangan puas dengan kesuksesan yang diraih. Cari sebanyak mungkin peluang untuk mendapatkan ide baru dalam berbisnis. 

Hal sederhana seperti masker, bagi kalangan tertentu, mereka membutuhkan jenis yang eksklusif atau senada dengan busana yang dikenakan. Selalu ada jenis bisnis baru yang tidak terpikirkan sebelumnya dan dibutuhkan karena keadaan yang mendesak.

Biaya Fashion Design Telkom University adalah pilihan tepat bagi calon fashion designer untuk menempa bakat artistik dan insting bisnis mereka.