News

Perancangan Ulang Interior Kelas TK Mutiara untuk Anak Usia Dini

Tim Pengabdian Masyarakat :
Irwana Zulfia Budiono
Ardianto Nugroho
Indah Nabiila Putri
Hafidhuddin Hammam

Anak anak usia dini merupakan anak anak yang sedang mengalami tumbuh kembang pada sensor fisik- motorik, kognitif, Bahasa, social emosional serta perkembangan seni . Oleh karena itu, pada dasarnya, anak anak usia dini belajar dengan terlibat langsung pada material yang disentuh, mencerna ilmu baru dari lingkungan sekitar, serta belajar berinteraksi langsung dengan teman sebayanya. Sehingga sebagai desainer interior, konsep ruang kelas menjadi perhatian utama agar anak anak merasa nyaman dan aman untuk mengembangkan diri sebelum memasuki jenjang sekolah dasar. Pada Sekolah Taman Kanak Mutiara, para tim Abdi Masyarakat menemukan beberapa masalah interior yang harus diperbaiki. Seperti misalnya suasana ruang yang sudah mulai terlihat usang dan sudah ditemukan beberapa bagian yang retak serta  pada  bagian bawah dinding, ditutupi oleh keramik karena mengalami kebocoran akibat pipa pada bagian dalam. Furniture tambahan sebagai rak untuk meletakkan karya siswa siswi juga sudah mulai mengalami banyak kerusakan pada sudut sudut tertentu. Berdasarkan panduan internasional dalam pembuatan kelas interaktif, suasana ruang merupakan bentuk penunjang keberhasilan dalam proses belajar anak anak selain pendorong dan kurikulum dari tim pengajar. Selain itu, sebagai penunjang, terdapat ilmu Psikologi ruang yang mempelajari mengenai hubungan antara manusia dengan lingkungan binaan sekitarnya. Sehingga, untuk tema Abdi Masyarakat kali ini yang melanjutkan kegiatan sebelumnya, pemilihan tema suasana ruang  dan penggantian  furniture baru akan menjadi sasaran perencanaan ulang ruang yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan beraktifitas secara interaktif untuk tempat belajar anak anak.

Setelah ditemukan beberapa permasalahan pada objek, para tim memutuskan untuk memberikan jasa berupa cat dinding baru untuk interior ruangan serta partisi multifungsi yang dapat digunakan untuk tiga fungsi, yakni pembatas ruang kelas dan UKS yang bersebelahan, whiteboard untuk kegiatan belajar dan mengajar, serta ambalan yang dapat berfungsi sebagai lokasi penyimpanan tambahan.

Setelah adanya proses revisi dan diskusi bersama dengan tim pengajar, pada akhir kegiatan Abdi Masyarakat para tim mempresentasikan sekaligus serah terima portofolio bundle yang berisi gambar 3D Desain dan ortogonal yang terukur. Diharapkan dengan adanya portofolio ini, dapat mempresentasikan posisi peletakan untuk pembagian ruangan dan kesesuaian ukuran terhadap furniture lainnya agar dapat memudahkan aktivitas belajar dan mengajar bagi para tim pengajar maupun siswa/i TK Mutiara.

Gambar 1. Situasi Ruang Kelas TK MutiaraGambar, 2. Konsep White Board Partisi dan Lokasi Penempatannya, Gambar 3. Proses Penyerahan White Board Partisi dan Portofolio

Perancangan Ulang Interior Kelas TK Mutiara untuk Anak Usia Dini Read More »

Kuliah Umum – FROM IDEA TO STARTUP: NAVIGATING THE PATH TO UNICORN

KULIAH UMUM DKV DESIGNPRENEUR

Assalamualaikum wr.wb.,
DKV Designpreneur mengundang bapak/ibu dan teman-teman mahasiswa sekalian untuk mengikuti kuliah umum DKV Designpreneur dengan tema:

FROM IDEA TO STARTUP: NAVIGATING THE PATH TO UNICORN

Narasumber:
Grahadea Kusuf, MBA
Co Founder / CEO Kuassa – Director of Startup Bandung

Moderator:
Aria Ar Razi, S.Ds., M.Ds. – Dosen Prodi DKV Telkom University.

Catat tanggalnya yuk.
Selasa, 06 Juni 2023
Pukul 09.30 – Selesai
Link Zoom : https://telkomuniversity-ac-id.zoom.us/j/95459967611

Terima kasih!
Ditunggu Kehadirannya .

Kuliah Umum – FROM IDEA TO STARTUP: NAVIGATING THE PATH TO UNICORN Read More »

Kabar Duka Cita

Innnalilahi wa Inna Ilaihi Raji’un
Keluarga Besar Fakultas Industri Kreatif
Turut Berduka Cita atas meninggalnya
Prof. Dr. Setiawan Sabana, MFA.
Purnabakti Dosen Kelompok Keahlian Seni Rupa FSRD ITB 
Reviewer Jurnal Ilmiah DEMANDIA Universitas Telkom

10 Mei 1951 – 27 April 2023.

Semoga amal ibadah Almarhum diterima oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta keikhlasan. Aamiin

https://journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/

Kabar Duka Cita Read More »

Ekosistem Digital Jadi Salah Satu Cara Agar Perusahaan Cepat Berkembang

BOGOR – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat Webinar Literasi Digital : “Kreatif Dan Produktif Di Dunia Digital”. 

Dalam seminar tersebut terdapat tiga pembicara yang mumpuni pada bidangnya, yaitu Junico B.P. Siahaan, S.E yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI. Narasumber kedua adalah Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI, serta mengundang Dr. Roro Retno Wulan, S.Sos.,M.Pd selaku Dekan Fakultas Industri Kreatif Telkom University Bandung dan Lucky BO selaku Go Online Coach. 

Seminar ini diselenggarakan pada hari Kamis, 2 Maret 2023 melalui platform zoom meeting. 

Seminar itu merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Webinar yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. 

Webinar tersebut memiliki beberapa tujuan di antaranya adalah untuk mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan binis; memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh APTIKA; mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

Seminar ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup.  

Seminar dimulai pada pukul 13.30 WIB. Kemudian seminar dibuka oleh MC yang juga memberikan informasi bahwa tim yang bertugas sedang mematuhi protokol kesehatan. 

MC juga menyapa para narasumber hebat yang akan memberi paparan kepada seluruh para peserta. Saat memasuki sesi paparan materi, MC menyerahkan acara kepada moderator untuk memandu sesi paparan dan sesi diskusi. 

Sesi paparan diawali oleh sambutan dari Junico B.P. Siahaan, S.E selaku sebagai Anggota Komisi I DPR RI mengawali, dengan menyampaikan bahwa struktur umur penduduk Indonesia didominasi oleh milenial dan Generasi Z. 

Post Gen Z lahir tahun 2012 dan seterusnya dan perkiraan usia sekarang s.d 7 tahun memiliki presentasi 10,88%. Generasi Z lahir tahun 1997-2012 yang perkiraan usia sekarang 8-23 tahun dengan presentase 27,94%. Milenial lahir tahun 1981-1996 yang perkiraan usia sekarang 8-23 tahun dengan presentase 25,87%. Generasi X lahir tahun 1965-1980 yang perkiraan usianya sekarang 40-55 tahun memiliki presentase 21,88%. Baby Boomer lahir di tahun 1946-1964 yaitu perkiraan usia 56-74 tahun memiliki presentase 11,56%. Pre-Boomer lahir sebelum tahun 1945 dan perkiraan usia sekarang 75+ tahun memiliki presentase 1,87%. 

“Penggunaan internet saat ini di dominasi oleh kaum Milenial. Banyak yang dapat dilakukan di dunia digital dan masyarkat harus beradaptasu. Kenali peluangnya dengan berjualan memanfaatkan dunia digital,” papar dia. 

Kemudian, paparan materi yang disampaikan oleh  Dr. Roro Retno Wulan, S.Sos.,M.Pd selaku Dekan Fakultas Industri Kreatif Telkom University Bandung, yaitu kreatif berarti kemampuan atau potensi yang ada di dalam diri setiap orang, baik hasilnya dapat berwujud atau tidak berwujud. 

Menurut Coleman dan Hamman, berpikir kreatif adalah berpikir yang menghasilkan metode baru, konsep baru, pengertia baru, perencanaan baru, dan seni baru. Inovasi merupakan upaya untuk menciptakan sesuatu yang bernilai bagi banyak orang. Inovasi dapat diukur berdasarkan suatu terobosan baru yang dihasilkan oleh seseorang. Bagi setiap perusahaan, inovasi sangat dibutuhkan dalam proses pengembangan bisnis dan menghadapi kebuntuan atas produk yang biasa-biasa saja. Oleh karena itu, dengan berinovasi perusahaan dapat menghasilkan produk yang lebih menarik dan diterima oleh pasar. 

“Sebagai langkah adaptasi, pelaku ekonomi kreatif diharapkan dapat segera memasuki ekosistem digital atau go online. Pemerintah menargetkan pada 2024 ada 30 juta industri kreatif yang masuk ke ekosistem digital,” jelasnya. 

Masih kata dia, ekosistem ini memiliki beberapa komponen dasar. Pertama dan yang terpenting adalah SDM dan talenta yang  kompeten yang akan menjadi penggeraknya. Kedua, adalah ketersediaan sumber daya yang lainnya, termasuk perangkat seperti frekuensi radio sebagai alat komunikasi. Ketiga adalah sumber daya artifisial atau buatan seperti numbering, IP Address, domain dan lain-lainnya. Peningkatan populasi konsumen digital adalah peluang yang sangat besar bagi industri kreatif Indonesia untuk bangkit. Untuk dapat menyentuh konsumen tersebut, pelaku ekonomi kreatif harus mampu memanfaatkan media digital. transformasi digital menyederhanakan proses operasional jauh lebih efektif. 

“Selain itu penggunaan ekosistem digital juga bermanfaat untuk membuat perusahaan lebih berkembang. Karena penggunaan teknologi digital menciptakan lingkungan kerja yang lebih modern.Terakhir, ekosistem digital juga punya potensi besar untuk meningkatkan omzet. Alasannya, digitalisasi mendobrak batas-batas antara produsen dan konsumen. Dengan begitu para pelaku ekraf sangat mungkin melakukan perluasan jaringan bisnis. Tidak hanya dengan konsumen, ekosistem digital juga membuka peluang dengan perusahaan lain yang dapat membantu operasional,” beber Roro.

Paparan materi terakhir disampaikan oleh Lucky BO selaku Go Online, yakni banyak yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi seorang digitalpreneur. Semua harus bisa mengubah problem menjadi project, bagaimana cara nya mengubah handphone kuota internet dan media social menjadi income online. 

“Selama kita memiliki 3 hal tersebut kita memiliki cukup modal untuk hasilkan income senilai upah minimum regional tanpa perlu keluar rumah (kerja dari mana saja). Belajar menjadi seorang konten creator, menurut hasil survey HyperAuditor di tahun 2020 atas 1.865 Conten Creator (Mikro) yang aktif berinteraksi dengan 10.000 Followers Online, memiliki income 20jutaan. Bagaimana caranya agar bisa menjadi content creator new multi income getter, modalnya dalah 1 hari 1 konten, entah itu dengan menjual jasa, jual produk digital, jual produk, reseller – distributor, event – webinar berbayar, sponsor, advertisement, membership,” ujar dia.

Setelah paparan materi dari ketiga narasumber, moderator membuka sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan. Sesi diskusi berjalan interaktif antara narasumber dan peserta. Para peserta yang bertanya juga mendapat doorprizes. 

Setelah selesai sesi diskusi, moderator mengembalikan acara kepada MC. MC memberikan plakat kepada para narasumber secara online sebagai simbolis ucapan terima kasih. Diakhir acara juga dilakukan foto bersama dengan seluruh peserta dan pukul 16.00 acara resmi ditutup oleh MC. 

Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat melakukan literasi digital sebagai dukungan kepada pemerintah mewujudkan transformasi digital Indonesia.=ROY/*

Repost from: https://pakuanraya.com/ekosistem-digital-jadi-salah-satu-cara-agar-perusahaan-cepat-berkembang/

Ekosistem Digital Jadi Salah Satu Cara Agar Perusahaan Cepat Berkembang Read More »

Kerjasama antara FIK Telkom University dengan PT. Tera Data Indonusa Tbk (AXIOO)

Pada Hari Senin, tanggal 27 Februari 2023 bertempat di Gedung Sebatik Fakultas Industri Kreatif Telkom University telah dilaksanakan penjajakan Kerjasama antara Fakultas Industri Kreatif Telkom University dengan PT. Tera Data Indonusa Tbk (AXIOO). PT. Tera Data Indonusa Tbk (AXIOO) didirikan pada tanggal 17 September 2007 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun yang sama. Perusahaan ini bergerak dalam bidang manufaktur dan perdagangan komputer dan suku cadang komputer. Produk didistribusikan dengan merek Axioo (untuk komputer, laptop, tablet, dll) dan Visipro (RAM, memori, flash drive, penyimpanan, dll).
Kegiatan penjajakan tersebut dihadiri oleh Bapak Andrey Fifo, Director PT. Tera Data Indonusa Tbk, Bapak Timmy Theopelus, Senior VP Social Impact PT. Tera Data Indonusa Tbk, Ibu Galuh Tunjung Sari, Director of Education PT. Tera Data Indonusa Tbk, serta Ibu Dr. Roro Retno Wulan, S.Sos., M.Pd, Dekan Fakultas Industri Kreatif Telkom University dan wakil dari masing-masing program studi.

Link berita: https://www.instagram.com/p/CpL5EsnSBRx/

Kerjasama antara FIK Telkom University dengan PT. Tera Data Indonusa Tbk (AXIOO) Read More »

Rapat Koordinasi Pengampuan Perkuliahan Universitas dan Fakultas Semester Genap 2022/2023

Academic Services Excellence

Kegiatan Rapat Pengampuan Universitas Semester Genap 2022/2023 yang telah dilaksanakan pada Hari Senin, 13 Februari 2023 bertempat di Aula Fakultas Ilmu Terapan Gedung Selaru Lantai 4 Universitas Telkom, yang wajib dihadiri oleh seluruh dosen dari fakultas-fakultas di Universitas Telkom. Kegiatan pengampuan tersebut dibuka dengan Opening Remarks oleh Rektor Universitas Telkom, Bapak Prof. Dr. Adiwijaya. Kemudian dilanjutkan dengan Laporan Penyelenggaraan Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 dan Rencana Perkuliahan Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 oleh Direktur Akademik, Ibu Citra Kusuma Dewi, SE., M.A.B, Ph.D. dan Laporan penggunaan LMS oleh Direktur PSAL, Bapak Dr. Achmad Rizal, S.T., M.T.. Narasumber rapat pengampuan diisi oleh Bapak Dr. Gancar Candra Premananto, SE.,M.Si.. Terakhir Closing Remarks diisi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Bapak Dadan Rahadian.

Rapat Pengampuhan FIK 2023

Setelah mengikuti kegiatan Pengampuan Universitas tersebut, para dosen dari Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom menghadiri kegiatan Pengampuan Fakultas yang bertempat di Aula Fakultas Industri Kreatif Gedung Sebatik Lantai 5 Universitas Telkom. Kegiatan Pengampuan Fakultas dibuka dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Industri Kreatif, Ibu Dr. Roro Retno Wulan, S.Sos., M.Pd, yang dilanjutkan dengan Sosialisasi Aturan Akademik & Perkuliahan serta Sosialisasi Aturan Kepegawaian & Honorarium untuk Dosen Luar Biasa oleh Wadek I Fakultas Industri Kreatif, yaitu Ibu Dr. Arini Arumsari, S.Ds., M.Ds. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat -sertifikat sebagai bentuk apresiasi kepada civitas akademik di Fakultas Industri Kreatif, sebagai berikut:

1. ORMAWA Berprestasi : INDEC

2. Dosen Tetap dengan EDOM Terbaik : Riky Taufik Afif, S.Pd., M.Pd.

3. Dosen LB dengan EDOM Terbaik : Sri Dwi Astuti Al Noor, S.Ds., M.Sn.

4. Dosen dengan Penelitian Terbanyak : Chris Chalik, S.Ds., M.Sn.

5. Dosen dengan Abdimas Terbanyak : Iqbal Prabawa Wiguna, S.Sn., M.Sn.

6. Dosen dengan Hak Kekayaan Intelektual Terbanyak : Morinta Rosandini, S.Ds., M.Ds.

7. Dosen dengan Publikasi Terbanyak : Dea Aulia Widyaevan, S.T., M.Sn.

8. Dosen dengan Kategori Special Assignment : Wibisono Tegar Guna Putra, S.E., M.A.

9. Tenaga Penunjang Akademik (TPA) Terbaik : Yayan



(IAZ)

dosen dan TPA Fakultas Industri Kreatif berprestasi 2023

Rapat Koordinasi Pengampuan Perkuliahan Universitas dan Fakultas Semester Genap 2022/2023 Read More »

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara SEAMEO CECCEP dengan Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Centre for Early Childhood Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) dengan Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom. Para Pihak menyepakati kerja sama tentang Penelitian, Pengembangan Kapasitas, Advokasi, dan Kemitraan di Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Parenting. Penandatanganan dilaksanakan di Kantor SEAMEO CECCEP Lembang, Kabupaten Bandung Barat pada tanggal 2 Februari 2023. The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) adalah sebuah lembaga antar pemerintah yang mencakup wilayah regional Asia Tenggara dan didirikan pada tahun 1965 atas kesepakatan antara pemerintah negara-negara Asia Tenggara dalam rangka mempromosikan kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Link: https://www.instagram.com/p/CoU-SATpoIk/

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara SEAMEO CECCEP dengan Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom Read More »

SESI WICARA SENI: Immediacy of Image #3Malaysian Comic Scene Now!

SESI WICARA SENI: Immediacy of Image #3
Malaysian Comic Scene Now!

Ikuti sesi wicara seni ini pada:

? : Selasa, 20 Desember
2022
? : 14.00 – 16.00 WIB
? : via Zoom Meeting
Link : https://bit.ly/IoI3ArtTalk2

Pembicara:
Abdul Rani, Presiden Pekomik ( Persatuan Penggiat Komik Malaysia )

Dimoderasi oleh:
Dimas Krisna Aditya

Idealoka Gallery
Fakultas Industri Kreatif
Universitas Telkom

SESI WICARA SENI: Immediacy of Image #3Malaysian Comic Scene Now! Read More »

Mandala – Strawberry Generation

MANDALA merupakan acara lomba ilustrasi dan komik strip tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Peminatan DKV Designpreneur – Telkom University. Lomba ini terbuka untuk Mahasiswa/i perguruan tinggi dan SMA/Sederajat se-Indonesia. Untuk para pemenang lomba karyanya akan dipamerkan di galery virtual!. ?

?Di Acara MANDALA 2022 ini mengusung tema “STRAWBERRY GENERATION” yang bertujuan untuk mengubah perspektif negatif dari sebutan ‘Strawberry’ yang melekat pada Generasi Z.?

Kategori karya yang dilombakan:
?Ilustrasi
?Komik strip

?Timeline [EXTENDED]
?Registrasi & Pengumpulan Karya
02 Juni – 30 Juni 2022

? Syarat Pendaftaran ?
1. Peserta Lomba merupakan mahasiswa perguruan tinggi dan siswa SMA sederajat se Indonesia.
2. Peserta membayar Rp20.000 untuk tiap registrasi/karya yang dilombakan.
3. Peserta mengisi data diri di link pendaftaran serta bukti pembayaran
Link Pendaftaran https://bit.ly/Registrasi_Mandala2022

Info Lebih Lanjut ?
@dkv.designpreneur

?Contact Person
Fira – 081222001774 (WA)
Maria – marialaura0946 (Line)

Mandala – Strawberry Generation Read More »

Last Day of Full Paper Submission Bandung Creative Movement 2022

FULL PAPER SUBMISSION REMINDER
from Bandung Creative Movement 2022

Last Day of Full Paper Submission Deadline

Dear Valuable Partner,

Please find detailed information, registration and abstract template on the poster below or visit our website at https://bcm.telkomuniversity.ac.id/call-for-papers/

Full Paper Submission and Registration:
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/bcm

IMPORTANT DATES

Full Paper Submission:
24th May-24th June 2022

Registration
24th May-24th June 2022

Camera Ready Submission
28th July – 5th August 2022

Conference Day
1th September 2022

For Further Information :
(Paper BCM Committee)
Setiamurti R.
+62 878-2568-2922

Taufiq Wahab
+62 813-2077-8989


instagram: @bcm.telkomuniversity
Official Website: bcm.telkomuniversity.ac.id
E-mail: paperbcm@telkomuniversity.ac.id

Last Day of Full Paper Submission Bandung Creative Movement 2022 Read More »

“Sustainability on Performing Arts ” – Pre-Event Bandung Creative Movement 2022

Telkom University (School of Creative Industries) X LSPR Communication and Business Institute

Present 3rd WEBINAR:

Pre-Event Bandung Creative Movement 2022
“Sustainability on Performing Arts ”

1st Speaker:
Abdul Hadi Sadikin Rachmat
“The Inevitable Relatability of Performing Arts in The Everchanging Times”

2nd Speaker:
Mikhael Yulius Cobis, M.Si., M.M.
“Theatre in Digital Age”

3rd Speaker:
Dr. Ranti Rachmawanti, S.Pd., M.Hum.
“Perform [in] Arts: Time – Space – Creativity”

Moderator:
Marissa Cory Agustina, S.Ds., M.Sn.

Thursday, June 16th, 2022
13.00-15.30 WIB
Live on Zoom

————

Free to Join! Registration:
https://bit.ly/PendaftaranPraevtBcm22

Payment for e-certificate IDR. 50.000,-
Virtual Account (VA Number) :
BNI 8321066202200021 a/n Telkom University BCM 2022


9th Bandung Creative Movement 2022
Telkom University School of Creative Industries

Contact Person
Akhmadi +62 822-3008-2646
Nur +62 857-9650-0694

#BCM2022#BandungCreativeMovement
#BandungCreativeMovement2022
#webinar

Telkom University (School of Creative Industries) X LSPR Communication and Business Institute

Present 3rd WEBINAR:

Pre-Event Bandung Creative Movement 2022
“Sustainability on Performing Arts ”

1st Speaker:
Abdul Hadi Sadikin Rachmat
“The Inevitable Relatability of Performing Arts in The Everchanging Times”

2nd Speaker:
Mikhael Yulius Cobis, M.Si., M.M.
“Theatre in Digital Age”

3rd Speaker:
Dr. Ranti Rachmawanti, S.Pd., M.Hum.
“Perform [in] Arts: Time – Space – Creativity”

Moderator:
Marissa Cory Agustina, S.Ds., M.Sn.

Thursday, June 16th, 2022
13.00-15.30 WIB
Live on Zoom

————

Free to Join! Registration:
https://bit.ly/PendaftaranPraevtBcm22

Payment for e-certificate IDR. 50.000,-
Virtual Account (VA Number) :
BNI 8321066202200021 a/n Telkom University BCM 2022


9th Bandung Creative Movement 2022
Telkom University School of Creative Industries

Contact Person
Akhmadi +62 822-3008-2646
Nur +62 857-9650-0694

#BCM2022#BandungCreativeMovement
#BandungCreativeMovement2022
#webinar

“Sustainability on Performing Arts ” – Pre-Event Bandung Creative Movement 2022 Read More »

jurusan Product Innovation and Management adalah

3 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Masuk Jurusan Desain Produk

Ada banyak orang yang berminat masuk dalam jurusan product Innovation and Management, agar berhasil, ikuti 3 tips berikut yang bisa membantu ketika pembelajarannya. 

 Ada banyak orang yang ingin belajar manajemen produk, perusahaan sekarang memerlukan orang yang bisa bertanggung jawab untuk mengembangkan suatu produkJurusan Product Innovation and Management adalah salah satu rekomendasi yang bisa dipilih dan yang sering dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. Oleh karena itu, ketahui semua hal yang harus dipelajari dalam jurusan tersebut. 

Tips Mempelajari Jurusan Product Innovation and Management

Ketika membangun sebuah bisnis, perlu belajar product management yang merupakan proses akomodasi pengembangan produk. Sebelum terjun dalam manajemen dan inovasi produk, ada beberapa hal atau tips yang harus dilakukan agar bisa berhasil. 

Mengetahui hal yang harus dipelajari

Sebelum mempelajari dan belajar di jurusan Product Innovation and Management adalah ketahui hal-hal yang harus dipelajari di dalamnya. Jangan sampai bingung ketika sudah masuk dalam lingkup manajemen produk. 

Ada beberapa hal yang harus dipelajari ketika masuk dalam jurusan Product Innovation and Management. Yaitu Product management fundamental, product market fit, UX design fundamental, dan menjelaskan serta menyampaikan ide produk kamu pada orang lain. 

Memilih cara pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar diri sendiri

Supaya lebih paham tentang product management, maka pilih cara belajar yang sesuai dengan style yang sering dipakai. Sehingga bisa lebih mudah mempelajari dan memahami semua pembelajaran di dalamnya. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya saja ikut seminar singkat, menjadi peserta bootcamp, mempelajari pembelajaran sendiri melalui video, buku, atau audio, serta belajar langsung dari tentornya. 

Jika memutuskan untuk menekuninya dan menjadikan sebagai pekerjaan di masa depan, maka akan lebih baik jika sering mengikuti kursus dengan sertifikat. Sehingga bisa mempunyai nilai plus ketika melamar pekerjaan yang sesuai dengan produk manajemen. 

Selalu update berita terkini

Meskipun tidak berkaitan dengan bidang marketing, selalu update berita terkini sangat diperlukan ketika mulai menekuni tentang manajemen produk. Dengan begitu bisa meningkatkan nilai produk dan bisnis dan tidak akan kalah dengan pesaing meskipun mempunyai produk yang sama. 

Caranya mudah, misalnya saja berlangganan email atau newsletter, mengunjungi blog sampai bergabung dengan komunitas yang berkaitan dengan manajemen produk. 

Itulah 3 hal yang harus dilakukan ketika terjun dalam manajemen produk. Selain itu, ada hal lain yang perlu diterapkan pada jurusan Product Innovation and Management adalah sikap disiplin dan mempunyai sifat kewirausahaan. Lebih lengkapnya tentang jurusan tersebut, bisa langsung daftar di Telkom University. Kunjungi situs resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut.

3 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Masuk Jurusan Desain Produk Read More »

Apa itu Jurusan Kriya

Apa Itu Jurusan Kriya? Ini 5 Alasan Kenapa Memilihnya

Apa itu Jurusan Kriya cocok untuk kamu yang tertarik di bidang seni dan ingin menjadi pengrajin. Pertimbangkan memilih jurusan ini untuk wujudkan impianmu.

https://lh5.googleusercontent.com/bxv2BnhhUCEI9ZxpRC_wVti24uY6W1xFcECkwqIUoU8HPKG10TLcqyiR4OehoCRe0SpOD5cvB5H8uHOYJqJUUoVIAvj22AFYxGkZEwv33LXJlBEVoDAtNuCN85rM6N1OcaO-6aUP

Berbagai jurusan bisa Anda pilih di perguruan tinggi. Salah satunya apa itu Jurusan Kriya di Telkom University bisa Anda jadikan pilihan. Jurusan ini akan mempelajari seni crafting atau kerajinan yang bernilai estetika dan etnik.

Kerajinan tersebut bisa Anda aplikasikan di berbagai media seperti kayu, batu, tekstil serta logam dan media lainnya. Lulusan dari pendidikan Seni Kriya bisa membawa berbagai seni khas Indonesia ke kancah internasional. Salah satunya mempopulerkan kain tradisional seperti batik dan tenun.

Apa Itu Jurusan Kriya: Ini 5 Alasan Memilihnya

Ada beberapa alasan kenapa Anda harus memilih jurusan ini, antara lain:

Cocok Untuk yang Menyukai Seni Rupa

Seni rupa secara murni memiliki banyak cabang peminatan. Anda yang memiliki keahlian menggambar bisa memilih minat konsentrasi pada:

  • Seni kriya tekstil
  • Kriya kayu
  • Seni kriya logam
  • Kriya keramik

Cocok Untuk yang Kreatif

Apa itu Jurusan Kriya cocok untuk Anda yang memiliki minat serta kreatifitas yang tinggi. Anda bisa menyalurkannya ke media kayu, logam, kain dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan teori dan praktik untuk karya kreatif lainnya.

Topik Pembelajaran Luas

Anda akan belajar banyak sekali mata kuliah, mulai dari dasar hingga ilmu yang terkait, seperti:

  • Ilmu dasar untuk seni rupa dan desain
  • Filsafat seni
  • Budaya visual

Anda juga bisa menambah bidang keilmuan lain untuk menambah pengetahuan seni kriya jika memilih jurusan ini.

Melestarikan Kebudayaan Tradisional

Jurusan ini tidak terlepas dari kebudayaan tradisional Indonesia. Namun, ada kelebihan lain saat mempelajari seni dan nilai budaya tradisional. Anda bisa mengimplementasikan dalam menciptakan berbagai kreasi.

Selain itu, Anda juga bisa menjaga dan melestarikan budaya dan warisan dari leluhur. 

Membentuk Pribadi Humanis

Anda yang memilih jurusan seni rupa memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Justru lebih tinggi daripada lainnya. Cabang ilmu seni kriya ini akan melatih kepekaan hati dan nurani terhadap lingkungan.

Apa itu Jurusan Kriya akan menjembatani keinginan Anda sekaligus akan melestarikan budaya. Banyak profesi yang bisa Anda pilih. Kunjungi situs resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut.

Apa Itu Jurusan Kriya? Ini 5 Alasan Kenapa Memilihnya Read More »

Fakultas Industri Kreatif Telkom University

Contoh Desain Produk yang Populer beserta Manfaatnya

Contoh desain produk yang bisa kita temui sehari-hari adalah desain kemasan suatu produk. Selain menjadi ciri produk juga menaikkan nilai jual produk tersebut.

Desain produk sudah dibahas berkali-kali. Namun, apa saja contoh desain produk yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari? 

Karya para lulusan desain produk sebenarnya mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Para lulusan ini nantinya akan menciptakan produk yang menarik konsumen agar tertarik untuk membeli. Apa sih manfaat desain produk ini? 

Manfaat Desain Produk

Ada beberapa manfaat desain produk terhadap usaha atau produk yang kita miliki: 

Memperkenalkan Produk Kepada Masyarakat

Desain produk memberikan identitas khusus terhadap jenis produk kita sehingga mudah dikenali. Kemasan yang menarik akan membuat konsumen juga mudah menemukannya. 

Menambah Nilai Jual Produk

Produk yang diberi kemasan menarik akan menambah nilai jual barang tersebut ketimbang tanpa kemasan. Selain itu juga akan memberi kesan higienis pada produk makanan. 

Quality Control

Dengan desain kemasan yang khusus juga akan melindungi produk tetap aman hingga sampai ke tangan konsumen. 

Menjadi Standarisasi Produk

Desain produk juga bisa menjadi standar kualitas produk. Kemasan yang rusak akan membuat produk tidak lulu uji pabrik. 

Menghitung Biaya Produksi

Dengan contoh desain produk, kita juga dapat menghitung biaya produksi. Apabila desain produknya semakin efisien maka akan semakin maksimal produksinya. 

Contoh Desain Produk Populer

Ada dua cara yang sering digunakan dalam membuat desain produk.

  • mengubah atau mengembangkan desain produk yang telah ada sebelumnya menjadi lebih modern serta stylish
  • membuat rancangan terbaru yang belum pernah digunakan untuk produk apa pun

Tentu saja desain produk juga disesuaikan dengan jenis produk. Desain kemasan dan desain industri jelas berbeda tampilan dan manfaat. Pada desain kemasan yang diutamakan adalah tampilan mengemas produk agar menarik. Sementara desain industri lebih mengutamakan fungsi produk ketimbang kemasannya. 

Contoh desain produk yang populer dan mudah ditemukan sehari-hari adalah desain kemasan. Desain kemasan memang mampu memberikan ciri khas dari produk yang dijual. Selain itu, Anda bisa mencantumkan informasi mengenai produk juga pada kemasan. Sedangkan desain industri seperti tong sampah apakah dibuka dengan cara diinjak atau tidak. Di Telkom University, kamu bisa belajar lebih lanjut mengenai desain produk. Kunjungi situs resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut.

Contoh Desain Produk yang Populer beserta Manfaatnya Read More »

Pentingnya desain produk untuk bisnis

Pentingnya Desain Produk Untuk Bisnis, Ada 5 yang Harus Anda Tahu

Pentingya desain produk untuk bisnis salah satunya adalah untuk meningkatkan penjualan. Semakin menarik tampilan suatu barang akan membuat orang membelinya.

https://lh5.googleusercontent.com/ZHIFAu8g6u-azVGWPSXSMuE4ChuqkhtEq1AXBFn0tcA8U5AA0KLeA8-tivMvFYkk0H2ax-a2_TEI4oS5gHGpy_Pnzjt44Trjb0_aOtgT_CVJE3qpKgpvzB0qVqA1O8e2EI11WPOR

Desain dari sebuah benda merupakan kombinasi dari peningkatan nilai estetika, fungsi dan manfaatnya. Pentingnya desain produk untuk bisnis yang paling dasar adalah membuat produk lebih unggul. Sehingga produk tersebut memiliki daya jual tinggi dibandingkan dengan produk pesaingnya.

5 Manfaat Pentingnya Desain Produk Untuk Bisnis

Adapun manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari sebuah desain antara lain:

Meningkatkan Citra Perusahaan

Sebuah desain akan meningkatkan citra dari perusahaan. Juga akan berdampak pada penilaian terhadap layanan perusahaan tersebut. Sehingga dengan cara ini, akan membuat perbedaan di pasar.

Namun, hal yang tidak kalah penting adalah dalam hal membangun komunikasi. Sehingga perusahaan bisa menilai apakah target konsumen sesuai atau tidak. 

Menciptakan Nilai Lebih

Produk yang memiliki desain menarik nilainya akan lebih tinggi daripada produk sejenis. Oleh sebab itu, sebuah desain harus mempertimbangkan untuk tujuan mengembangkan produk lebih baik lagi.

Meningkatkan Daya Saing

Pentingnya desain produk untuk bisnis selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya saing. Sebuah desain yang memiliki keunggulan akan menjadi ciri khas. Sebab, di pasar ada kebutuhan untuk menonjol dari produk serupa.

Produk yang memiliki desain unik akan tetap bersaing secara kompetitif. Keberadaannya juga akan membantu strategi komunikasi. Sehingga bisa mencapai kesuksesan seperti yang diinginkan perusahaan.

Memicu Inovasi

Adanya inovasi dari desain akan berguna secara strategis dalam hal konsep produk. Sebab untuk menghadapi persaingan secara global perusahaan harus benar-benar bersiap. 

Sebaiknya perusahaan mempertimbangkan produk memiliki karakteristik berbeda. Untuk menarik perhatian serta bersaing, perusahaan harus memiliki inovasi. Sehingga akan berhasil merebut pasar.

Meningkatkan Pendapatan

Desain juga sangat besar pengaruhnya terhadap keputusan untuk pembelian. Sehingga perusahaan bisa mempertimbangkan lagi bagaimana konsumen akan menggunakan produk yang dihasilkan.

Desain yang mampu memperlihatkan sisi keunikannya akan membangun kepercayaan. Sehingga juga akan meningkatkan keuntungan perusahaan. 

Telkom University menyadari bagaimana pentingnya desain produk untuk bisnis. Sehingga jurusan Desain Produk bisa menjembatani terwujudnya kepentingan perusahaan demi meningkatkan keuntungan. Selain itu, mempersiapkan sarana dan prasarana sebagai penunjang juga diprioritaskan. Kunjungi situs resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut.

Pentingnya Desain Produk Untuk Bisnis, Ada 5 yang Harus Anda Tahu Read More »

jurusan Desain produk Telkom University

Jenis-Jenis Desain Produk, Ada 3 yang Utama Untuk Anda Tahu

Jenis-jenis desain produk berdasarkan fungsinya masing-masing layak untuk Anda ketahui. Untuk bisa menarik pembeli dengan memperhatikan keunikan desainnya.

https://lh3.googleusercontent.com/QNqiESoInIPDdA4BtRt_OpbISwOyjV_bJMyqjnrosl8e675Bl6tFRS312T9yLV9gUJfvEwMbPMhm8UtsDkHWqvK51Bukj2hFZuPaD2L2WBe1rINu5ppLwHFxbee70ndrNQQujVBi

Untuk menciptakan sebuah produk tentunya hal utama yang tidak bisa Anda lewatkan adalah jenis-jenis desain produknya. Tanpa adanya desain tersebut, sebuah produk dalam bisnis menjadi sia-sia. Sebab tidak bisa menemukan pengguna yang dituju.

Mengenal Desain Produk

Memahami apa itu sebuah desain untuk sebuah produk adalah proses mulai dari membayangkan, menciptakan dan memperbaiki. Sehingga selama proses tersebut bisa menyelesaikan masalah dari pengguna secara spesifik. 

Menilai tentang keberhasilan merupakan proses yang menyeluruh berkaitan dengan pengguna. Dalam proses mendesain, Anda juga akan menggunakan kemampuan empati serta observasi. Sebagai bagian dari proses memahami pengguna secara utuh.

Hal yang paling utama adalah fungsi dari mendesain sebuah produk akan bermanfaat untuk kelangsungan sebuah bisnis.

Jenis-Jenis Desain Produk

Pada dasarnya ada tiga jenis untuk produk. Masing-masing jenis memiliki fungsinya yang sangat penting.

System Design

Jenis-jenis desain produk system design akan menitikberatkan terhadap sistem dari sebuah produk. Kompetensi yang harus Anda miliki adalah mampu mengolah dan mengelola sebuah informasi.

Sehingga system design yang akan Anda gunakan bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Misalnya saja ketika Anda berbelanja di supermarket, tanpa Anda sadari susunan rak yang ada disusun sesuai kebutuhan. Sehingga memudahkan pengguna menyesuaikan kebutuhannya. 

Process Design

Setelah memiliki sistem, selanjutnya adalah harus memperhatikan prosesnya. Seperti contoh saat melakukan pembayaran di supermarket. Anda bisa memilih cara untuk membayarnya. Ada yang mengantri secara konvensional.

Ada juga yang menggunakan cara yang lebih canggih dengan sistem self checkout yang sudah ada di beberapa supermarket. Ada berbagai variabel yang merupakan bagian dari sebuah desain produk. 

Interface Design

Desain juga bisa menentukan kemampuan, efisiensi serta kecepatan dari desain interface. Berbagai kemungkinan yang bisa Anda tawarkan kepada pengguna. Interface sendiri memang berbeda-beda, namun memiliki tujuan sama yaitu untuk memuluskan pengalaman user.

Setiap tantangan yang muncul akan menjadi bahan pertimbangan untuk bisa mendapatkan solusinya.

Melihat jenis-jenis desain produk yang beragam, Telkom University sudah mempersiapkan lulusannya. Yakni dengan materi-materi yang nantinya memiliki korelasi dengan kebutuhan masyarakat serta perusahaan. Kunjungi situs resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut.

Jenis-Jenis Desain Produk, Ada 3 yang Utama Untuk Anda Tahu Read More »

Gaji desain produk

Berapa Gaji Desain Produk yang Bisa Diperoleh?

Gaji desain produk cukup menjanjikan, tetapi kenyamanan bekerja jauh lebih penting agar bisa menghasilkan desain produk yang benar-benar sesuai dan berguna.

Menjadi seorang desainer produk adalah hasil akhir dari pembelajaran prodi despro. Gaji desain produk cukup lumayan untuk menjamin kehidupan para lulusannya. Yuk, kita intip berapa yang bisa dikantongi dari profesi desain produk ini. 

Wajib Tahu Mengenai Desain Produk

Dengan latar belakang pendidikan desain apapun bahkan yang tidak menguasai pendidikan desain secara formal dapat menjadi bagian dari pekerjaan ini. Bahkan sudah ada kampus-kampus yang menyelenggarakan prodi khusus desain produk meski tak banyak.

Ada 23 kampus yang terdata dalam BAN-PT, menyelenggarakan program pendidikan sarjana dan 4 kampus dengan program diploma.

Dikutip dari Kompas, detail, fungsi, dan hal-hal kecil yang mendasar lainnya dalam merancang produk haruslah diperhatikan oleh seorang desainer produk. Misal kegunaan dari tutup botol yang harus dibuka ke arah kanan, botol air mineral didesain bergerigi. Ini tidak hanya masalah estetika tetapi juga maksud dan fungsinya.

Ruang lingkup pekerjaan desain produk cukup banyak. Gaji desain produk juga cukup tinggi, berkisar empat hingga enam jutaan. Berbagai perusahaan seperti furniture, keramik, ritel fesyen, otomotif, membutuhkan jasa seorang desainer produk.

Desainer produk tidak hanya bisa bekerja di perusahaan tertentu, tetapi juga dapat menjadi creativepreneur.

Peran dan Tanggung Jawab Desainer Produk

  • Membantu perusahaan untuk menciptakan serta mengembangkan produk baru sebagai hasil dari ide dan tindakan kreatif.
  • Menjamin hasil produksi sesuai menurut keinginan konsumen serta perusahaan.
  • Menyesuaikan jenis dan bentuk desain produk agar sesuai dengan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

Pengetahuan dan Keahlian Desain Produk

  • Mampu berpikir kreatif
  • Senang berinovasi
  • Dapat melakukan analisis
  • Ahli dalam membuat desain
  • Paham tentan gambar 2D dan 3D
  • Memiliki pemahaman tentang nirmana

Banyak pekerjaan yang memerlukan jasa dari desainer produk agar produk buatannya menjadi lebih menarik lagi. Namun, tetap saja kenyamanan ketika bekerja sangatlah diperlukan agar mampu menghasilkan desain produk yang benar-benar bagus. Gaji desain produk yang tinggi pun, akan mengalir dengan lancar ke pundi-pundi keuangan. Kalian suka menggambar dan kreatif? Yuk, daftar di Telkom University untuk prodi satu ini. Kunjungi situs resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut.

Berapa Gaji Desain Produk yang Bisa Diperoleh? Read More »

jurusan Desain produk Telkom University

Jurusan Desain Produk Terbaik di Indonesia, Pilih Telkom University

Jurusan Desain Produk Terbaik di Indonesia, Telkom University bisa menjadi pilihan. Memiliki fasilitas mendukung proses pembelajaran dengan akreditasi unggul.

Memilih perguruan tinggi impian juga tidak terlepas dari akreditasi yang dimiliki. Sama halnya dengan saat memilih jurusan Desain Produk terbaik di Indonesia. Anda sebagai calon mahasiswa harus memastikan akreditasi dan fasilitas di perguruan tinggi yang akan dituju.

Jurusan Desain Produk Terbaik di Indonesia

Program studi ini bisa Anda temui di Fakultas Industri Kreatif Telkom University. Salah satu keunggulannya, yaitu menghasilkan sarjana desain yang profesional dengan menguasai:

  • Materi yang sudah diberikan selama proses perkuliahan.
  • Menguasai teknologi yang akan bersinergi dengan desain untuk hasil yang lebih baik dan memberi nilai lebih.
  • Kreativitas mahasiswa yang mampu menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi serta merancangnya dengan baik.
  • Mahasiswa berkontribusi dengan ilmu yang telah mereka dapatkan sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup.

Kajian keilmuannya pada tingkat Strata 1 meliputi, beberapa hal seperti berikut:

Visi dan Misi

Telkom University termasuk perguruan tinggi terbaik yang memiliki visi dan misi untuk memajukan institusi pendidikan dan mahasiswanya. Berikut bisa Anda simak visi dan misi dari kampus impian ini.

Visi

Fakultas terbaik ini memiliki misi menjadi program studi yang unggul. Melalui pemanfaatan ICT dengan tidak meninggalkan budaya nusantara. Sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki creativepreneur yang memiliki daya saing untuk mengembangkan industri kreatif.

Misi

Adapun misi dari perguruan tinggi dengan akreditasi unggul ini, antara lain:

  • Melaksanakan pendidikan berdasarkan wawasan creativepreneurship yang memanfaatkan budaya nusantara. Tidak hanya itu, melainkan juga memanfaatkan ICT.
  • Telkom University melakukan pengembangan keilmuan melalui penelitian yang mendukung industri kreatif. 
  • Menerapkan keilmuan dengan memberdayakan masyarakat sehingga kemampuan masyarakat di bidang creativepreneur akan meningkat.
  • Mengadakan berbagai kerjasama serta selalu meningkatkannya dengan institusi terkait. Baik yang sifatnya nasional maupun internasional di dalam kegiatan akademik maupun pendukung.

Lulusan jurusan Desain Produk terbaik di Indonesia menguasai dasar pengetahuan serta keterampilan sesuai kebutuhan. Serta mampu menghasilkan ide untuk pemecahan masalah dalam proses mendesain. Kunjungi situs resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut.

Jurusan Desain Produk Terbaik di Indonesia, Pilih Telkom University Read More »