S1 Seni Rupa Telkom University

Belajar Seni Kriya Kulit Ternyata Tak Sulit

Seni kriya kulit bukan sekedar membuat mainan anak-anak belaka, tetapi juga seni yang memperhatikan fungsional dan nilai estetika dari benda tersebut. 

Kita semua pasti sudah tahu apa itu seni kriya. Seni kriya ini terdiri dari banyak jenis dan salah satunya adalah seni kriya kulit. Membuat karya seni dengan bahan kulit yang tentunya sangat menarik. 

Aneka Ragam Jenis Seni Kriya

Seni kriya adalah sebuah karya seni hasil dari keterampilan tangan. Hasil sebuah seni kriya harus memperhatikan fungsi dan memiliki nilai estetika atau keindahan.

Seni kriya telah ada sejak zaman dahulu kala. Sejak zaman Neolitikum atau zaman batu seni kriya ini telah ada menurut para ilmuwan. Masa dimana belum ada pabrik atau industri dan hanya mengandalkan karya tangan.

Seni kriya tidak hanya sekedar bermanfaat untuk terapan atau digunakan begitu saja. Namun, dapat juga digunakan untuk hiasan atau mainan untuk anak-anak.

Ada banyak ragam seni kriya yang bisa kita temukan, yaitu:  

  • seni kriya kayu
  • seni kriya keramik
  • seni kriya tekstil 
  • seni kriya logam
  • seni kriya kulit
  • seni kriya batu bata

Mengenal Seni Kriya Kulit

Seni kriya kulit jelas merupakan karya seni yang bahan dasarnya menggunakan kulit. Pembuatan seni kriya kulit banyak menggunakan kulit sapi, kulit kerbau, kulit buaya, dan lainnya.

Kulit ini sebelum dibentuk akan menjalani dulu beberapa proses pengolahan. Bermula dari tahap pemisahan kulit dari daging hewan, kemudian dicuci dengan menggunakan cairan tertentu. Berlanjut ke tahap pembersihan dan perendaman hingga akhirnya proses finishing.

Contoh dari seni kriya kulit yang bisa kita temui seperti: wayang, tali pinggang, dompet, jaket, dan lain-lain.

Para lulusan program studi ini nantinya dapat menciptakan berbagai karya seni yang estetik, unik, dan bernilai guna tinggi, serta memiliki nilai jual sehingga dapat dipasarkan. Lulusan seni kriya nantinya bisa menjadi desainer kriya yang berjiwa kewirausahaan sehingga dapat mandiri.

Seni kriya kulit adalah salah satu bidang ilmu seni rupa yang bisa kalian dapatkan di Fakultas Industri Kreatif Telkom University. Universitas unggulan dengan akreditasi A dan dosen pengajar yang sudah sangat menguasai bidang ilmu yang diajarkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *