Gaji desain produk

Berapa Gaji Desain Produk yang Bisa Diperoleh?

Gaji desain produk cukup menjanjikan, tetapi kenyamanan bekerja jauh lebih penting agar bisa menghasilkan desain produk yang benar-benar sesuai dan berguna.

Menjadi seorang desainer produk adalah hasil akhir dari pembelajaran prodi despro. Gaji desain produk cukup lumayan untuk menjamin kehidupan para lulusannya. Yuk, kita intip berapa yang bisa dikantongi dari profesi desain produk ini. 

Wajib Tahu Mengenai Desain Produk

Dengan latar belakang pendidikan desain apapun bahkan yang tidak menguasai pendidikan desain secara formal dapat menjadi bagian dari pekerjaan ini. Bahkan sudah ada kampus-kampus yang menyelenggarakan prodi khusus desain produk meski tak banyak.

Ada 23 kampus yang terdata dalam BAN-PT, menyelenggarakan program pendidikan sarjana dan 4 kampus dengan program diploma.

Dikutip dari Kompas, detail, fungsi, dan hal-hal kecil yang mendasar lainnya dalam merancang produk haruslah diperhatikan oleh seorang desainer produk. Misal kegunaan dari tutup botol yang harus dibuka ke arah kanan, botol air mineral didesain bergerigi. Ini tidak hanya masalah estetika tetapi juga maksud dan fungsinya.

Ruang lingkup pekerjaan desain produk cukup banyak. Gaji desain produk juga cukup tinggi, berkisar empat hingga enam jutaan. Berbagai perusahaan seperti furniture, keramik, ritel fesyen, otomotif, membutuhkan jasa seorang desainer produk.

Desainer produk tidak hanya bisa bekerja di perusahaan tertentu, tetapi juga dapat menjadi creativepreneur.

Peran dan Tanggung Jawab Desainer Produk

  • Membantu perusahaan untuk menciptakan serta mengembangkan produk baru sebagai hasil dari ide dan tindakan kreatif.
  • Menjamin hasil produksi sesuai menurut keinginan konsumen serta perusahaan.
  • Menyesuaikan jenis dan bentuk desain produk agar sesuai dengan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

Pengetahuan dan Keahlian Desain Produk

  • Mampu berpikir kreatif
  • Senang berinovasi
  • Dapat melakukan analisis
  • Ahli dalam membuat desain
  • Paham tentan gambar 2D dan 3D
  • Memiliki pemahaman tentang nirmana

Banyak pekerjaan yang memerlukan jasa dari desainer produk agar produk buatannya menjadi lebih menarik lagi. Namun, tetap saja kenyamanan ketika bekerja sangatlah diperlukan agar mampu menghasilkan desain produk yang benar-benar bagus. Gaji desain produk yang tinggi pun, akan mengalir dengan lancar ke pundi-pundi keuangan. Kalian suka menggambar dan kreatif? Yuk, daftar di Telkom University untuk prodi satu ini. Kunjungi situs resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.