Fakultas Industri Kreatif Telkom University

Contoh Desain Produk yang Populer beserta Manfaatnya

Contoh desain produk yang bisa kita temui sehari-hari adalah desain kemasan suatu produk. Selain menjadi ciri produk juga menaikkan nilai jual produk tersebut.

Desain produk sudah dibahas berkali-kali. Namun, apa saja contoh desain produk yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari? 

Karya para lulusan desain produk sebenarnya mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Para lulusan ini nantinya akan menciptakan produk yang menarik konsumen agar tertarik untuk membeli. Apa sih manfaat desain produk ini? 

Manfaat Desain Produk

Ada beberapa manfaat desain produk terhadap usaha atau produk yang kita miliki: 

Memperkenalkan Produk Kepada Masyarakat

Desain produk memberikan identitas khusus terhadap jenis produk kita sehingga mudah dikenali. Kemasan yang menarik akan membuat konsumen juga mudah menemukannya. 

Menambah Nilai Jual Produk

Produk yang diberi kemasan menarik akan menambah nilai jual barang tersebut ketimbang tanpa kemasan. Selain itu juga akan memberi kesan higienis pada produk makanan. 

Quality Control

Dengan desain kemasan yang khusus juga akan melindungi produk tetap aman hingga sampai ke tangan konsumen. 

Menjadi Standarisasi Produk

Desain produk juga bisa menjadi standar kualitas produk. Kemasan yang rusak akan membuat produk tidak lulu uji pabrik. 

Menghitung Biaya Produksi

Dengan contoh desain produk, kita juga dapat menghitung biaya produksi. Apabila desain produknya semakin efisien maka akan semakin maksimal produksinya. 

Contoh Desain Produk Populer

Ada dua cara yang sering digunakan dalam membuat desain produk.

  • mengubah atau mengembangkan desain produk yang telah ada sebelumnya menjadi lebih modern serta stylish
  • membuat rancangan terbaru yang belum pernah digunakan untuk produk apa pun

Tentu saja desain produk juga disesuaikan dengan jenis produk. Desain kemasan dan desain industri jelas berbeda tampilan dan manfaat. Pada desain kemasan yang diutamakan adalah tampilan mengemas produk agar menarik. Sementara desain industri lebih mengutamakan fungsi produk ketimbang kemasannya. 

Contoh desain produk yang populer dan mudah ditemukan sehari-hari adalah desain kemasan. Desain kemasan memang mampu memberikan ciri khas dari produk yang dijual. Selain itu, Anda bisa mencantumkan informasi mengenai produk juga pada kemasan. Sedangkan desain industri seperti tong sampah apakah dibuka dengan cara diinjak atau tidak. Di Telkom University, kamu bisa belajar lebih lanjut mengenai desain produk. Kunjungi situs resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.