FIK Kembali Menggelar Bandung Creative Movement Ke-5

Bandung Creative Movement (BCM) merupakan seminar internasional tahunan yang rutin diadakan oleh fakultas industri kreatif Telkom University. Seminar internasional yang ke 5 ini mengangkat tema “Desain Flux of Industrial Revolution 4.0, Humanize Digital Ecosystem”. Bertempat di Hotel El Royale Bandung, seminar tersebut dihadiri beberapa pakar dan pembicara dari berbagai negara, yaitu Malaysia, Belanda, Prancis dan China. Seminar tersebut berjalan dengan sukses dengan dihadiri peserta dari berbagai daerah.

Seminar BCM ke 5 ini menyoroti tentang Industri ini 4.0, dimana industri ini menandai tingkat kemajuan yang luar biasa dalam sejarah peradaban manusia. Ketika manusia tidak hanya menciptakan teknologi yang memperluas kemampuan anatomisnya, atau untuk meniru mekanisme sistem fisiologis tubuhnya lagi, sehingga terciptalah teknologi yang mampu berpikir, untuk dapat terhubung. Antara lain kecerdasan buatan, internet, teknologi cerdas, aplikasi, dan lain sebagainya.

Semua hal dalam era 4.0 terhubung, semua informasi dikumpulkan dalam kondisi virtual penyimpanan data yang dapat diakses secara global dan disebut sebagai The Big Data. Data yang diperoleh dapat diinterpretasikan sehingga dapat dihasilkan menjadi pola-pola, algoritma yang dapat membantu memilah, mengklasifikasi dan mengelompokkan informasi tentang apa saja, sehingga memungkinkan kita untuk memutuskan strategi seperti apa yang harus kita terapkan.

Menurut panitia BCM 2018 keadaan itu memberikan keuntungan dan manfaat untuk banyak hal antara lain ekonomi (perdagangan dan perdagangan), pendidikan, budaya dll. Selain itu kita juga dapat membangun jaringan untuk keperluan bisnis, tujuan akademis dan lainnya juga, di seluruh dunia.

Dalam arti kemajuan, masing-masing unit / pihak menyumbang blok bangunan untuk yang lain, untuk inovasi lebih lanjut, seperti kata Joddy Hernawan.

Dalam konteks seni dan budaya tradisional, penggunaan internet meningkatkan hubungan budaya antara praktisi seni, akademisi, dan penonton.

Kegiatan ini dapat terlaksanan dengan sukses berkat kerja keras dari semua elemen dari FIK termasuk pimpinan. Kegiatan ini ke depannya dapat menjadi sebuah ekosistem untuk mengembangkan dunia industri kreatif di Indonesia, khususnya Fakultas Industri Kreatif Telkom University. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *