Intersection Exhibition

Intersection Exhibition merupakan sebuah pameran yang diadakan oleh mahasiswa seni rupa dalam rangka kerja profesi mahasiswa angkatan 2017.

intersection {en} (n): persimpangan; titik potong; titik pertemuan

Sejauh ini, rumah kerap didefinisikan dalam berbagai arti. Entah hanya sekadar tempat beristirahat, penaungan keluarga, dan lain-lain. Dari segi fisik dan psikologisnya, rumah memiliki beragam definisi. Namun pada praktiknya, kesibukan membuat rumah ini hanya sekadar tempat lewat saja. Kegiatan di luar rumah memaksa orang untuk melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, dari pagi hingga malam. Hal ini mempersempit pengertian terhadap rumah itu sendiri bagi orang-orang tersebut.

Bagaimana jika orang-orang ini berada di tengah situasi di mana mereka tidak bisa meninggalkan rumahnya? Dunia luar yang selama ini dikenal kini berpindah ke dalam ruang lingkup rumah. Aktivitas yang biasa dijalankan di luar pun hanya dapat dilakukan di dalam rumah. Hal ini memicu sebuah pendekatan lebih terhadap lingkungan rumah masing-masing. Melalui pendekatan ini, terbentuk sebuah interpretasi baru terhadap rumah yang selama ini sudah dikenal.

Dalam menginterpretasikan kembali artian dari rumah ini, terbentuklah suatu persimpangan. Titik temu antara lingkungan rumah dengan dunia luar didapat seiring berjalannya aktivitas dalam rumah yang berkelanjutan. Bagaimana suatu objek, kejadian, ataupun pengalaman di dalam rumah dapat memantik memori terhadap dunia luar yang sudah cukup lama tidak ditemui menjadi sebuah hasil dari penafsiran ulang ruang lingkup rumah. Melalui titik temu itu, rumah yang selama ini dikenal ternyata menyimpan sesuatu yang lebih dari anggapan mereka sendiri.

Pameran ini menampilkan karya 6 seniman yang selama beberapa bulan terakhir harus menghabiskan waktunya di dalam rumah. Selama itu, masing-masing seniman menangkap interpretasi yang beragam dalam menemui titik temu antara rumah dengan dunia luar.

Pameran Intersection diselenggarakan mulai tanggal 20-29 Juli 2020 melalui platform Artstep, Youtube dan Instagram. Artist Talk akan diselenggarakan pada 25 Juli 2020 melalui Zoom Meeting dan Youtube Live.

Informasi lebih lanjut dan link pameran, kunjungi dan follow @intersectionexhibition .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *