jurusan Desain produk Telkom University

Jenis-Jenis Desain Produk, Ada 3 yang Utama Untuk Anda Tahu

Jenis-jenis desain produk berdasarkan fungsinya masing-masing layak untuk Anda ketahui. Untuk bisa menarik pembeli dengan memperhatikan keunikan desainnya.

https://lh3.googleusercontent.com/QNqiESoInIPDdA4BtRt_OpbISwOyjV_bJMyqjnrosl8e675Bl6tFRS312T9yLV9gUJfvEwMbPMhm8UtsDkHWqvK51Bukj2hFZuPaD2L2WBe1rINu5ppLwHFxbee70ndrNQQujVBi

Untuk menciptakan sebuah produk tentunya hal utama yang tidak bisa Anda lewatkan adalah jenis-jenis desain produknya. Tanpa adanya desain tersebut, sebuah produk dalam bisnis menjadi sia-sia. Sebab tidak bisa menemukan pengguna yang dituju.

Mengenal Desain Produk

Memahami apa itu sebuah desain untuk sebuah produk adalah proses mulai dari membayangkan, menciptakan dan memperbaiki. Sehingga selama proses tersebut bisa menyelesaikan masalah dari pengguna secara spesifik. 

Menilai tentang keberhasilan merupakan proses yang menyeluruh berkaitan dengan pengguna. Dalam proses mendesain, Anda juga akan menggunakan kemampuan empati serta observasi. Sebagai bagian dari proses memahami pengguna secara utuh.

Hal yang paling utama adalah fungsi dari mendesain sebuah produk akan bermanfaat untuk kelangsungan sebuah bisnis.

Jenis-Jenis Desain Produk

Pada dasarnya ada tiga jenis untuk produk. Masing-masing jenis memiliki fungsinya yang sangat penting.

System Design

Jenis-jenis desain produk system design akan menitikberatkan terhadap sistem dari sebuah produk. Kompetensi yang harus Anda miliki adalah mampu mengolah dan mengelola sebuah informasi.

Sehingga system design yang akan Anda gunakan bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Misalnya saja ketika Anda berbelanja di supermarket, tanpa Anda sadari susunan rak yang ada disusun sesuai kebutuhan. Sehingga memudahkan pengguna menyesuaikan kebutuhannya. 

Process Design

Setelah memiliki sistem, selanjutnya adalah harus memperhatikan prosesnya. Seperti contoh saat melakukan pembayaran di supermarket. Anda bisa memilih cara untuk membayarnya. Ada yang mengantri secara konvensional.

Ada juga yang menggunakan cara yang lebih canggih dengan sistem self checkout yang sudah ada di beberapa supermarket. Ada berbagai variabel yang merupakan bagian dari sebuah desain produk. 

Interface Design

Desain juga bisa menentukan kemampuan, efisiensi serta kecepatan dari desain interface. Berbagai kemungkinan yang bisa Anda tawarkan kepada pengguna. Interface sendiri memang berbeda-beda, namun memiliki tujuan sama yaitu untuk memuluskan pengalaman user.

Setiap tantangan yang muncul akan menjadi bahan pertimbangan untuk bisa mendapatkan solusinya.

Melihat jenis-jenis desain produk yang beragam, Telkom University sudah mempersiapkan lulusannya. Yakni dengan materi-materi yang nantinya memiliki korelasi dengan kebutuhan masyarakat serta perusahaan. Kunjungi situs resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.