Perancangan Wastafel Movable Menggunakan Ilustrasi Tematik (washmatic) dalam Mempersiapkan New Normal di SDN 1 Cipagalo

Siswa pada SDN 1 Cipagalo ini tergolong cukup banyak dan masih butuh pengetahuan mengenai pandemi virus Covid-19 yang sedang terjadi hal ini tandai dengan belum tersedianya protokol kesehatan seperti cek suhu tubuh dan belum adanya banyak wastafel untuk mencuci tangan. Saat ini pemerintah sudah menetapkan masa New Normal yang harus tetap melakukan kegiatan seperti biasa namun tetap menggunakan protokol kesehatan antara lain, jaga jarak, memakai masker dan rajin mencuci tangan. Namun pada SDN 1 Cipagalo belum memiliki wastafel yang memadai, oleh karena itu peneliti ingin membuatkan produk wastafel movabel menggunakan ilustrasi tematik (washmatic) dilengkapi dengan panduan mencuci tangan dan ilutrasi yang disukai oleh anak-anak. Ini bertujuan agar lebih semangat untuk mencuci tangan dan mencegah tertularnya virus Covid-19.

Potensi dari SDN 1 Cipagalo yang berada dilokasi strategis ini sangat tinggi untuk dikembangkan karena jumlah siswanya tergolong banyak dengan jumlah 564 siswa tetapi belum memiliki wastafel yang layak untuk siswa, guru maupun karyawan yang ada disana untuk mempersiapkan masa new normal. Berdasarkan hasil diskusi dengan guru SDN 1 Cipagalo, mereka sangat mebutuhkan wastafel movabel menggunakan ilustrasi tematikpage9image55549664(washmatic) untuk siswa, guru maupun karyawan yang ada disana. Selain pembuatan produk watafel movable, guru yang ada di SDN 1 Cipagalo juga berharap dapat diberikan bimbingan khususnya mengenai cara mencuci tangan yang baik untuk SDN 1 Cipagalo.

Terkait dengan permasalahan yang ada pada mitra atau masyarakat sasar, solusi yang akan diberikan adalah pembuatan produk. Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari dosen program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom akan merancang produk sesuai dengan kebutuhan yaitu wastafel movable menggunakan ilustrasi tematik (washmatic) untuk mempersiapkan masa new normal pada SDN 1 Cipagalo yang bertujuan untuk mencegah virus Covid-19. Tampilan pada wastafel movable ini disesuaikan dengan masyarakat sasar yaitu berupa ilustrasi karakter yang disukai anak-anak, hal ini bertujuan agar anak-anak lebih tertarik untuk mencuci tangan.

Tim Pelaksana Kegiatan:

Dosen: Novian Denny Nugraha, Nisa Eka Nastiti, Olivine Alifaprilina Supriadi

Mahasiswa: Cici Namira, Fafi Rahmatillah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *