Penerapan Gaya Art Deco pada Environmental Graphic Design di SMKN 15 Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki banyak bangunan bekas zaman Belanda. Bangunan ini sering disebut juga sebagai bangunan heritage yang menerapkan gaya art deco pada desainnya. Banyak bagunan heritage di Bandung yang dijadikan ruang publik agar bisa dilestarikan dan diapresiasi, ada pula yang dijadikan bangunan sekolah. Salah satu sekolah yang lokasinya menempati bangunan bekas zaman Belanda adalah SMKN 15 Bandung. Beberapa bagian dari bangunan sekolah masih memperlihatkan gaya khas bangunan bekas zaman Belanda.

Enviromental graphic design (EGD) sudah tersedia di beberapa titik di sekolah, berupa signage dan wayfinding. Namun, EGD di SMKN 15 Bandung belum didesain dengan maksimal dan kurang memperlihatkan identitas, oleh karena itu tim abdimas Universitas Telkom ingin merancang desain EGD baru untuk SMKN 15 Bandung dengan gaya art deco yang menjadi ciri khas bagunan heritage di Kota Bandung. Perancangan EGD, selain untuk memberi informasi terkait ruang dan lingkungan yang ada di sekitar sekolah, juga untuk memberikan image atau branding khusus pada lingkungan tersebut. Dengan adanya perancangan desain EGD bergaya art deco di SMKN 15 Bandung, diharapkan akan memberikan branding yang positif pada sekolah

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh 3 dosen dan 2 mahasiswa Fakultas Industri Kreatif (FIK) Telkom University. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi analisis masalah, pembuatan konsep dan perancangan environmental graphic design. Pelaksanaanya dimulai dengan sketsa, desain digital sesuai dengan kebutuhan lalu penerapan environmental graphic design di SMKN 15 Bandung. Perancangan EGD dilakukan dari bulan April-Mei sedangkan hibah produk secara resmi diberikan pada bulan Mei.

Berdasarkan wawancara dan survey yang dilakukan, pihak sekolah menganggap bahwa perlu adanya keberlanjutan kerjasama antara Universitas Telkom dengan mitra SMKN 15 Bandung dalam hal desain, sehingga redesign tidak hanya dilakukan pada aspek EGD saja tapi pada bidang desain yang lain.

Video Kegiatan: https://youtu.be/QQV_6mLcxow

Foto Kegiatan:

Tim Pelaksana Kegiatan

Dosen: Nisa Eka Nastiti, Novian Denny Nugraha, Olivine Alifaprilina Supriadi.

Mahasiswa: Syahma Kamilia Rahma, Rury Lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *