profesi potensial Desain Interior

Profesi Potensial Desain Interior,Apa Peranan & Tanggung Jawabnya

Untuk bisa memilih profesi potensial Desain Interior, sesuaikan dengan minat Anda. Memiliki gaji yang cukup menjanjikan menjadikan jurusan ini banyak peminat. 

Memiliki peranan yang sangat besar untuk menciptakan ruangan-ruangan nyaman di sebuah hunian, profesi potensial Desain Interior banyak peminatnya. Tidak hanya jago menggambar, Anda juga harus memiliki kemampuan untuk menerjemahkan apa yang menjadi keinginan klien.

Deskripsi Karir Desain Interior

Untuk memenuhi apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan dari klien. Seorang interior design ada tahapan mendesain hunian maupun bangunan lain memerlukan waktu yang tidak sebentar. 

Langkah awal seorang desain interior harus mulai bisa berkomunikasi dengan klien. Hal ini bertujuan untuk menemukan kecocokan serta memahami apa yang menjadi kebutuhan klien. 

Sebelum memulai mendesain, maka akan diperhatikan beberapa hal, antara lain:

  • Memperhatikan kemudahan tempat tinggal.
  • Akan diperhatikan juga mengenai pencegahan bencana.
  • Serta faktor keamanan juga tidak luput dari perencanaan.

Selain itu, akan ada perhatian khusus untuk pemeliharaan ruangan, metode untuk penyelesaian dekorasi serta elemen interiornya. 

Peran dan Tanggung Jawab Profesi Potensial Desain Interior

Menjadi profesi potensial Desain Interior memiliki peranan dan tanggung jawab. Oleh karena itu lulusan Telkom University telah siap dengan ilmu yang ada di perkuliahan sehingga siap menjalankan profesinya. Berikut beberapa tanggung jawab dan peranannya.

  • Memecahkan masalah yang timbul berhubungan dengan fungsi dan kualitas dari lingkungan sebuah ruang interior.
  • Menjalankan pelayanan di bidang jasa berhubungan dengan ruang interior. Profesi ini harus juga melakukan penyusunan program ruang, analisis desain, perencanaan ruang, estetika dan pengawasan dalam pekerjaan.
  • Mempersiapkan dokumen serta gambar-gambar yang mendukung desain interior.
  • Berkoordinasi dengan kontraktor jika nantinya ada perubahan maupun penyesuaian sesuai dengan prinsip yang lebih baik.

Sehingga untuk menjalankan profesi ini harus memiliki keahlian, diantaranya:

  • Memiliki kemampuan berpikir yang kreatif.
  • Kemampuan untuk melakukan inovasi.
  • Mampu melakukan analisis yang mendalam.
  • Pemahaman terhadap gambar 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Profesi potensial Desain Interior memiliki pendapatan sekitar Rp3,5 juta sampai Rp5 juta. Harus melengkapi diri dengan sertifikasi desainer interior pratama, desainer interior madya dan utama dari HDII. Sehingga sudah memiliki kesiapan bersaing di dunia kerja. Simak pembahasan lebih detail pada website resmi Telkom University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *