Fakultas Industri Kreatif – Telkom University Kampus Bandung

Penekanan Prodi Seni Rupa (Creative Arts) Telkom University adalah dalam bidang kekhususan Intermedia, yaitu penggunaan media-media diluar media Seni Rupa Tradisional (Digital, New Media, dll). Dengan demikian lulusan akan memiliki fleksibilitas dalam berkarya maupun bekerja.

Visi

Menjadi Program Studi Seni Rupa (Creative Arts) yang menjadi acuan secara global serta menghasilkan lulusan profesional, mandiri, kreatif, dan berdaya saing dalam pengembangan industri kreatif berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berlandaskan budaya nusantara pada tahun 2038.

Misi

  • Menyelenggarakan Pendidikan Seni Rupa (Creative Arts) yang menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang industri kreatif;
  • Mengembangkan karya seni rupa dengan memanfaatkan TIK;
  • Memasukkan unsur-unsur budaya nusantara sebagai titik tolak dalam berkarya secara profesional;
  • Mengkaji keilmuan seni rupa serta menyebarluaskannya dengan memanfaatkan TIK;
  • Mengabdikan keilmuan di bidang seni rupa kepada masyarakat.

Kompetensi Lulusan

  1. Keahlian di bidang Pengkaryaan maupun Pengkajian Seni;
  2. Keahlian di bidang Digital Imaging, Fotografi, Teknik Peralatan dan Bahan Seni, Video Editing;
  3. Keahlian merancang Konsep Karya;
  4. Soft skill dalam komunikasi dan jiwa kewirausahaan serta managerial;
  5. Keahlian Drawing Skill, dengan pendalaman pada Gambar Ilustrasi (Digital).

Profil Lulusan

  • Ilustrator/ Visualizer
  • Seniman komik/ Storyboard
  • Pendidik Seni (Dosen da Guru)
  • Restorator karya seni
  • Seniman Studio
  • Perancang, Desainer
  • Crafts-man
  • Product Research and development
  • Art Director
  • Pengelola Museum/Galeri/Studio
  • Manjemen Pameran/Event
  • Kurator
  • Wirausaha & Top Management
  • Penanggungjawab/ Kepala Galeri/ Studio
  • CCO (Chief of Creative Officer)
  • Kepala In-House Design
  • Brand/Image Consultant