Program Studi Desain Interior adalah salah satu dari lima program studi yang berada di Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom. Berdiri sejak tahun 1990 dan dalam perjalanannya telah meluluskan mahasiswa yang telah terserap di dunia industri profesi dan tidak sedikit dari alumninya berkarya mandiri (Creativepreneur) sehingga mampu menciptakan lapangan kerja dalam bidang keilmuannya.

Beberapa keunggulan yang dimiliki program studi desain interior Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom antara lain, masa tunggu kerja alumi relatif singkat, kemampuan mahasiswa dan alumni dalam penerapan Information Communication and Technology (ICT) yang baik, wawasam keilmuan dengan dasar kearifan budaya nusantara dan jiwa Creativepreneur yang terjaga, sehingga lulusannya memiliki kemampuan kompetitif dalam persaingan global.

3 Unique Selling Points

Update terhadap pasar desain interior, jejaring yang luas, Desain yang Iconic, GOOD DESIGN = GOOD BUSINESS;

Update terhadap pasar desain interior, jejaring yang luas, Desain yang Iconic, GOOD DESIGN = GOOD BUSINESS;

Pemahaman terhadap konten budaya lokal (material, potensi dan teknologi, desain yang responsif terhadap local wisdom.

Ketiga hal tersebut menghasilkan output untuk mewujudkan lulusan desain interior yang berkarakter, berprilaku, dan bertindak sebagai seorang desainer interior yang berbudaya nusantara dengan basis ICT.


Visi

Menjadi Program Studi Desain Interior yang berdaya saing tinggi dan unggul berbasis Information and Communication Technology (ICT), kearifan budaya nusantara, dan berjiwa Creativepreneur.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi yang unggul dalam bidang Desain Interior strata satu melalui sistem pendidikan yang terencana, terintegrasi dan fleksibel untuk menghasilkan sumber daya manusia mandiri, mampu beradaptasi dalam menghadapi tantangan global;
  • Melaksanakan penerapan dan pengembangan  desain interior dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  • Memperkuat program studi desain interior melalui kurikulum berbasis information and communication technology (ICT) dan kebutuhan dunia industri kreatif;
  • Melaksanakan pendidikan berjiwa creativepreneur, berperan aktif dalam forum internasional, dan berkemampuan akademik;
  • Menjalin kemitraan dengan industri terkait dan keprofesian untuk memperluas ranah desain interior.

Prospek Karir

  1. Interior Consultant, menjadi seorang desainer interior profesional dengan sertifikasi keahlian yang didapatkan dari asosiasi profesi desainer interior (HDII – Himpunan Desainer Interior Indonesia, dari tingkat muda sampai dengan tingkat utama);
  2. Interior and Furniture Contractor, menjadi seorang desain interior yang terkait dengan furniture hingga menjadi creativepreneur dalam bidang furniture design;
  3. Exhibition Designer, menjadi konsultan desainer untuk desain eksibisi / pameran;
  4. Visual Merchandiser, menjadi seorang desainer untuk kebutuhan seperti Signage Systems (Penanda) dalam bangunan;
  5. Stage Designer, menjadi seorang principal designer panggung untuk berbagai macam acara – anugerah musik / konser, dll;
  6. Setting and Property Designer for Broadcasting, menjadi seorang principal designer untuk kegiatan studio broadcasting/rekaman musik;
  7. Lighting Designer, menjadi seorang principal designer / konsultan dalam tata cahaya;
  8. Model Maker and Visualizer, menjadi seorang creativepreneurs dalam pembuatan maket/model bangunan dan gambar visualisasi 3D.