S1 Seni Rupa Telkom University

Simak Seni Kriya Logam: Jenis beserta 3 Contohnya

Kerajinan sangat beragam bentuk, fungsi, dan bahan dasarnya, contohnya seni kriya logam yang merupakan kerajinan berbahan dasar logam.

Seni kriya logam merupakan salah satu kerajinan atau kriya yang berasal dari bahan logam. Teknik pembuatannya sangat beragam seperti teknik tempa, cor, pahat, grafir, dan lain sebagainya. Tujuan dibuatnya seni kriya dari logam adalah untuk benda pakai, pajangan, atau permainan yang bernilai seni atau estetika.

Kriya atau kerajinan sangat banyak macamnya, ada seni kriya kulit, kayu, logam, tekstil, dan lain sebagainya. Untuk seni kriya tekstil, Telkom University menghadirkan Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion di Fakultas Industri Kreatif. Masing-masing seni kriya memiliki jenisnya tersendiri.

Kriya dari logam ada dua bentuk yaitu dua dimensi berupa lukisan dan tiga dimensi berupa patung dan benda lainnya. Sedangkan menurut jenisnya, kriya logam terbagi beberapa macam.

Pengelompokan Jenis Karya Seni Kriya Logam

Karya seni kriya logam bisa dikelompokkan berdasarkan jenisnya, di antaranya: 

Kriya Logam Buatan Tangan

Kerajinan berbahan logam ini adalah karya yang dihasilkan menggunakan tangan. dari mulai proses awal hingga akhir semuanya menggunakan keterampilan tangan dan tanpa campur tangan mesin.

Kriya Logam Buatan Mesin

Untuk produksi, sangat tidak memungkinkan jika menggunakan tangan dalam. Maka dibuatlah kerajinan menggunakan mesin untuk memenuhi permintaan karya seni dari logam. Contohnya seperti kalung, gelang, dan lain sebagainya.

Contoh Seni Kriya Berbahan Dasar Logam

seni kriya berbahan dasar logam sangat banyak bentuknya, beberapa bisa Anda simak di bawah ini.

Patung Logam

patung yang terbuat dari logam biasanya berukuran kecil sampai sedang. Kebanyakan digunakan untuk membuat souvenir, hiasan atau pajangan.

Alat Makan

Seni kriya dari logam bisa juga digunakan untuk membuat alat makan. Mulanya, alat makan memang dibuat dari bahan logam seperti tembaga yang konon ampuh membasmi kuman dan mendeteksi racun.

Medali

Untuk membuat medali biasanya logam yang digunakan adalah, perak, kuningan dan lain-lain untuk kejuaraan olah raga.

Itulah beberapa jenis dan contoh karya seni kriya logam yang sering kita temui. Selain contoh yang disebutkan di atas, pastinya masih banyak lagi kerajinan berbahan dasar logam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *