Biaya Kuliah Jurusan Desain Interior Telkom University

Biaya Kuliah Desain Interior Telkom University, 2 Tantangan Gerakan DIY Bagi Profesi

Biaya kuliah Desain Interior Telkom University tidak berbeda jauh dengan prodi lain dalam fakultas Industri Kreatif. Fokus pada Information Communication dan Technology menjadi pembeda dengan kampus lain.

Desainer interior di zaman ini dituntut untuk tidak hanya berhubungan dengan sketsa dan seni. Biaya kuliah Desain Interior Telkom University memberikan tanggung jawab agar mahasiswa jurusan ini berjiwa kreatif dan inovatif.

Di Barat sedang gencar menggalakkan budaya atau gerakan DIY atau Do It Yourself, yang menekankan pengerjaan oleh diri sendiri. Bagaimana calon desainer interior mengantisipasi hal tersebut? Berikut ulasannya.

Biaya Kuliah Desain Interior Telkom University, 2 Tantangan Gerakan DIY Bagi Profesi

Biaya kuliah desain interior Telkom University cukup kompetitif. Apalagi dengan program Information, Communication and Technology yang menjadi fokus tambahan yang mengikuti perkembangan zaman.

Program ICT juga bisa menjadi tambahan skill bagi profesi desainer interior yang selalu menghadapi tantangan. Gerakan DIY yang sedang gencar digunakan di Barat seolah-olah membuat profesi desain interior terancam.

Berikut tantangan DIY bagi profesi Desainer interior yang bisa dimanfaatkan untuk semakin melebarkan profesi ini ke bidang lain.

Harga

Banyak pihak melakukan desain interior secara DIY dengan tujuan memotong biaya pembayaran konsultan. Fee seorang desainer interior memang cukup tinggi dan kerap dianggap sebagai tambahan biaya tak penting.

Namun ternyata, banyak hal berjalan salah karena mengabaikan menggunakan konsultan dalam renovasi rumah. Seperti kejadian beberapa public figure yang merenovasi rumah mereka besar-besaran tetapi tidak kunjung selesai. Padahal biaya yang dikeluarkan sudah mencapai milyaran.

Bisa jadi mereka sudah menyewa konsultan tapi kurang menyelidiki jam terbangnya. Atau mencari dengan fee yang dianggap lebih terjangkau. Padahal desainer dengan jam terbang dan reputasi yang mumpuni wajar saja mematok fee tertentu karena sesuai dengan manfaat yang didapat.

Desainer dengan reputasi dan kemampuan yang terbaik justru akan bekerja dengan edektif dan efisien. Bisa juga pemilik rumah menyampaikan keinginan  untuk efisiensi biaya dan bagaimana mengatasinya. 

Panduan DIY

Saat ini panduan DIY banyak disediakan secara online, di tv, atau di buku. Seolah semua bisa menjadi desainer interior dengan mudah. 

Hal tersebut bisa saja terjadi bagi beberapa orang. Tetapi sesungguhnya sulit diwujudkan bagi kebanyakan orang. 

Profesi desainer interior didapatkan melalui pendidikan formal dan informal. Pengalaman berkecimpung dalam hal pemilihan ruang, material, desain, tekstur, warna, dan ide-ide, membuat mereka bisa memutuskan dengan lebih cepat dan tidak berlarut-larut.

Banyak kejadian, proses renovasi berhenti setengah jalan karena pemilik kebingungan karena terlanjur salah. Barulah kemudian minta bantuan konsultan untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Tentunya hal itu bisa dihindari jika dari awal sudah berdiskusi dengan profesional.
Biaya kuliah Desainer interior Telkom University sepadan dengan hasil yang didapat. Sebagai profesional dan konsultan yang mampu bekerja secara tim atau solo dan baik secara offline maupun online. Kunjungi Web Telkom University untuk informasi lebih detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *