S1 Kriya Tekstil Telkom University

Contoh Gambar Seni Kriya Tekstil Ada 5 Karya, Sudahkah Anda Tahu?

Contoh gambar seni kriya tekstil akan membantu Anda mengenali teknik apa saja yang digunakan untuk membuat karya seni. Sehingga setiap lulusan menguasainya.

Pembahasan utama pada materi seni tekstil lengkap dengan detail pada materi pembelajaran merupakan contoh gambar seni kriya tekstil. Sehingga pembahasan untuk tekstil akan mendalami bahan dasar apa saja yang bisa Anda gunakan. 

5 Karya Contoh Gambar Seni Kriya Tekstil

Hasil dari kriya tekstil sendiri dapat berupa benda hias, benda pakai maupun perpaduan dari keduanya. Untuk bisa menghasilkan karya yang maksimal harus memilih bahan dan teknik yang tepat. 

Di Telkom University, Anda akan mempelajari berbagai macam teknik dalam kriya tekstil, antara lain:

Membuat Batik

Secara umum, batik memiliki pengertian sebagai kain yang menjadi bahan dasar pembuatan. Motif dari batik sendiri sangat beragam. Sedangkan untuk membatik menggunakan teknik menahan dengan lilin malam secara berulang kali di atas sebuah kain.

Setiap motif batik memiliki simbol dan mengandung filosofi tersendiri untuk para pemakainya. 

Membuat Songket

Contoh gambar seni kriya tekstil selanjutnya adalah songket yang merupakan kain tenun tradisional Melayu dan Minangkabau. Untuk membuatnya Anda bisa menggunakan benang emas dan perak.

Teknik yang digunakan untuk membuat kain songket adalah dengan tangan. Malaysia dan Brunei membuat songket tergolong dalam keluarga tenun brokat. 

Menenun

Sedangkan untuk tenun merupakan sebuah teknik pembuatan kain. Dalam pembuatannya menggunakan prinsip menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. 

Untuk membentuk motifnya, Anda bisa melakukan persilangan antara benang lusi dan pakan dilakukan secara bergantian. Kain tenun secara umum terbuat dari bahan dasar serat kayu, kapas, dan sutra.

Kerajinan Tapestri

Mengartikan tapestri sebagai teknik yang memiliki kemiripan dengan teknik merajut untuk membuat sebuah karya. Serat-serat, benang dan bahan lainnya akan ditenun dengan menggunakan benda lain, seperti sabut kelapa, kain dan kertas.

Kerajinan Makrame

Sedangkan untuk makrame sendiri memiliki pengertian sebagai bentuk karya berupa simpul untuk menggarap rantaian benang dari awal sampai akhir. Hasil tenunan dengan berbagai simpul pada rantai benang. Sehingga pada akhirnya menghasilkan aneka rumbai dan jumbai. 

Mendalami teknik yang ada pada contoh gambar seni kriya tekstil akan memberi jalan Anda menjadi lulusan yang handal. Ketahui lebih dalam mengenai jurusan ini dengan mengunjungi situs resmi Telkom University.

3 thoughts on “Contoh Gambar Seni Kriya Tekstil Ada 5 Karya, Sudahkah Anda Tahu?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *