S1 Kriya Tekstil Telkom University

Contoh Seni Rupa Terapan Kriya Tekstil Adalah Tidak Hanya Pakaian

Anggapan contoh Seni Rupa Terapan Kriya Tekstil adalah sandang adalah tidak tepat. Pasalnya,  itu hanyalah sebagian kecil saja dari apa yang disebut dengan tekstil. 

Contoh Seni Rupa Terapan Kriya Tekstil adalah pakaian. Itu adalah jawaban umum yang sering didengar ketika ada yang bertanya apa manfaatnya mempelajari Seni Kriya. Diakui atau tidak, memang program studi ini memang tidak begitu populer dibandingkan dengan yang lainnya. Pasalnya, masih banyak yang melihat peluang karir dengan job desk yang umum.

Contoh Seni Rupa Terapan Kriya Tekstil Adalah Sandang

Banyak yang menganggap bahwa contoh Seni Rupa Terapan Kriya Tekstil adalah sandang. Padahal itu hanyalah sebagian kecil saja dari apa yang disebut dengan tekstil. Dengan demikian produk yang dihasilkan tidak hanya berupa pakaian, melainkan bermaterial tekstil atau kain.

Pakaian

Bahan sandang ini merupakan salah satu contoh terapan Seni Kriya. Pasalnya, material tekstil yang digunakan sebagai bahan baku akan lebih mudah diekspor dalam bentuk pakaian. 

Para desainer Kriya Tekstil akan memodifikasi teknik pengolahan baik secara tradisional maupun modern. Pada selembar kain itu dapat dirancang sehingga membentuk pola tertentu, sehingga pakaian yang dihasilkan selain tampak unik juga menarik perhatian.

Kain

Contoh yang lainnya adalah kain-kain yang memiliki ciri khas suatu daerah atau suku tertentu yang jika diperhatikan lebih lanjut terlihat menarik. Kain yang mulai dilirik misalnya adalah kain poleng bali, kain cepuk, batik dari Jawa, dan Ulos yang merupakan ciri khas suku Batak.

Tapestri

Contoh seni kriya tekstil yang lainnya adalah tapestri. Tapestri merupakan sebuah teknik pemrosesan dengan cara  menjalin benang-benang, serat atau bahan lainnya hingga menjadi suatu produk. Material yang biasa digunakan pada teknik ini adalah kertas, benang tebal, sabut kelapa, pilinan kain, dan lain sebagainya. Pada prinsipnya bahan baku tersebut harus dapat terjalin satu sama lainnya.

Hasil tapestri yang sering digunakan misalnya keset dari kain bekas, karpet, korde, gantungan pot, ikat pinggang dari tali kur, taplak meja, dan syal. Pada tapestri material tersebut membentuk susunan tertentu.

Keunikan dari tapestri adalah adanya faktor komposisi pemakaian warna benang sehingga membentuk keseimbangan. Pada akhirnya semuanya akan membentuk satu kesatuan jalinan sehingga menghasilkan produk yang bernilai tinggi. 

Melihat  contoh Seni Rupa Terapan Kriya Tekstil adalah tidak hanya berupa pakaian, maka peluang mengembangkan karir pada bidang ini sangatlah luas. Anda dapat mengunjungi situs resmi Tel-U jika berminat untuk melanjutkan pendidikan pada program studi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *