S1 Kriya Tekstil Telkom University

Apa yang Kamu Tahu Tentang Seni Kriya Tekstil? Baca Di Sini!

Seni Kriya tekstil erat hubungannya dengan kebutuhan primer manusia, yaitu pakaian sehingga dipandang sebagai suatu produk pokok yang memiliki nilai estetis.

Seni kriya tekstil merupakan bagian dari jurusan Seni Kriya yang adalah salah satu cabang dari ilmu Seni Rupa.  Tidak berbeda dengan Seni Kriya yang lainnya, jurusan ini juga menyatukan dengan amat baik bagaimana suatu produk dapat mengkombinasikan nilai fungsional dan keindahan.

Pengertian Seni Kriya Tekstil

Seni Kriya tekstil erat hubungannya dengan kebutuhan primer manusia, yaitu sandang atau yang lebih dikenal dengan pakaian. Dengan demikian, segala sesuatu yang berhubungan dengan seni ini akan dipandang sebagai suatu produk pokok yang amat berguna bagi manusia.

Sementara, yang dimaksud dengan tekstil adalah bahan yang terbuat dari benang hasil pemintalan serat sebagai bahan bakunya. Selanjutnya disatukan dengan cara ditenun, dirajut atau cara lainnya hingga membentuk lembaran benang, yang lebih dikenal sebagai kain. 

Lembaran  serta ini terbentuk menggunakan bahan perekat tertentu atau dengan teknik kaitan antara benang setelah di press dan diproses. Dengan demikian arti lainnya adalah seni yang melibatkan kain sebagai produk atau hasil akhirnya.

Kelebihannya

Kini seni ini tak hanya berkutat pada produk sandang yang melekat pada tubuh manusia saja saja, tetapi sudah merambah pada berbagai produk tekstil sendiri. Material tekstil merupakan lembaran kain yang selanjutnya akan diproses sesuai dengan kebutuhan. Misalnya membuat pakaian dengan pola tertentu, handuk, bed cover, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai bahan baku yang ada, maka mereka yang menggeluti seni ini, mempunyai kebebasan untuk berkarya. menciptakan desain-desain tekstil yang baru baik secara tradisional maupun modern. Pada bagian inilah kekreatifitasan desainer sangat diperlukan. Pasalnya  produk yang dihasilkan diharapkan selain memiliki nilai fungsional yang sesuai juga tak terlepas dari nilai seni dan estetika yang tinggi.

Menempuh pendidikan pada jurusan ini, berarti Anda siap untuk mempelajari bagaimana cara mengolah material dari awal hingga menjadi produk jadi. Bagaimana suatu produk diproses menggunakan kearifan lokal maupun modern. 

Tantangan seni kriya tekstil adalah bagaimana mengolah bahan baku menggunakan teknik yang modern namun tidak meninggalkan ciri khas pengolahan manual. Tertarik untuk mendalaminya? Kunjungi situs Tel-U untuk informasi tentang program studi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *