S1 Kriya Tekstil Telkom University

Karya Mahasiswa Jurusan Kriya Tel-U: S1 Kriya Tekstil dan Fashion

Dalam mempublikasikan karya mahasiswa jurusan Kriya Tel-U, tiap tahun selalu diadakan acara Swastamita sebagai tugas akhir 2020 dan mahasiswa tingkat 3 dan 4.

Karya mahasiswa jurusan Kriya Tel-U merupakan kreatifitas yang patut diacungi jempol. Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, setiap tahunnya Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion selalu mengadakan acara Swastamita. Acara tersebut menjadi ajang publikasi karya-karya menarik dan kreatif para mahasiswa.

Opening Ceremony Swastamita 2020 menarik 600 partisipan dari macam-macam latar belakang. Di antaranya ada industri kreatif, akademisi, start local brand, para pimpinan Yayasan serta rekan-rekan admisi dari UiTM Perak Malaysia.

Swastamita Ajang Unjuk Karya Mahasiswa Jurusan Kriya Tel-U

Swastamita adalah acara rutinnya Program Studi Kriya Tekstil dan Fashion yang merupakan acara akhir dari Himpunan Mahasiswa SERAT. Peserta acara Swastamita ini merupakan mahasiswa yang melaksanakan tugas akhir di 2020 dan juga mahasiswa tingkat empat dan tiga.

Dalam acara ini, para mahasiswa yang menjadi peserta dari Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion memperkenalkan karya-karya terbaiknya. Karya mahasiswa jurusan Kriya Tel-U di Swastamita ini berupa busana, accessories, surface dan structure design textile dan fabric arts.

Swastamita bertemakan Past and Beyond ini menjadi wadah ekspresi estetika fashion yang populer di suatu waktu dan tempat. Sesuai tema Past and Beyond, acara ini menghadirkan nuansa nostalgia disertai tatanan yang modern. Penyimak dibawa merenungi ragam unsur tradisi Indonesia seperti material, corak, dan teknik.

Di tahun 2020, Swastamita merupakan kali ketiga yang diselenggarakan Tel-U. Namun tahun ini acara tersebut dihelat di tengah pandemi, sehingga tiga rangkaian acara dilakukan secara virtual. Di antaranya ada creative talks, virtual fashion show, dan virtual exhibition.

Acara dilangsungkan melalui Zoom pada Selasa (13/10) dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube. Ada 112 karya yang merupakan tugas akhir mahasiswa yang diselenggarakan Prodi Kriya Tekstil dan Fashion pada 13 Oktober-3 November 2020. Rektor Telkom University yaitu Prof. Dr. Adiwijaya memberikan apresiasinya  atas karya-karya terbaik lulusan Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Fashion 2020.

Karya mahasiswa jurusan Kriya Tel-U  masih bisa Anda lihat di websitenya swastamita-bcaf.telkomuniversity.ac.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *