S1 DKV Telkom University

Konsep Desain Produk yang Tepat Bagi Branding Perusahaan

Mempelajari konsep desain produk adalah mempelajari selera manusia. Apakah Anda siap menjadi desainer produk?

Konsep desain produk seringkali dihubungkan dengan sebuah perancangan dan gagasan. Pengertian perencanaan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang dan konteks yang sesuai. Desain sendiri dapat diartikan sebagai kreasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dengan cara tertentu.

Maksud dan Tujuan Desain Produk

Konsep desain produk adalah  untuk memastikan bahwa barang tersebut  sesuai dengan keinginan pelanggan. Oleh karenanya seorang desainer wajib  memperhatikan maksud dan tujuan membuat suatu produk.

Maksud Desain Produk

Maksud dari sebuah desain produk adalah untuk:

  • Desain produk dikonsepkan untuk menghindari kegagalan fungsi
  • memilih metode dan cara yang paling sesuai dengan tujuan produk tersebut dibuat. Serta ekonomis dalam proses pembuatannya.
  • Agar dapat menentukkan proses standar atau mengenai spesifikasi barang yang dihasilkan
  • menentukan biaya produksi yang diperlukan sehingga perusahaan dapat menetapkan harga dasar produk.
  • mengetahui apakah barang yang dihasilkan sudah memenuhi semua persyaratan atau masih memerlukan perbaikan kembali untuk meningkatkan nilainya.

Tujuan Desain Produk

Tujuan sebuah perusahaan melakukan desain produk adalah  seperti dibawah ini:

Untuk memproduksi barang yang berkualitas tinggi dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

  • Untuk menghasilkan produk yang dapat menjadi trend di kalangan pengguna dan pada masa yang tepat
  • Untuk membuat agar biaya produk semurah mungkin dalam pemakaian bahan baku dan biaya sehingga harga harus dibayarkan oleh pengguna menjadi lebih murah.

Pasar akan selalu berubah seiring dengan perkembangan kebutuhan zaman, sehingga barang yang dihasilkan akan selalu dapat menyesuaikan  dengan keadaan. Produk yang dapat bertahan dari masa ke masa tanpa adanya perubahan desain biasanya akan banyak dicari oleh penggemarnya sendiri. Bahkan, kadang dijadikan semacam warisan.

Namun, akan jauh lebih baik, jika suatu perusahaan akan mampu bersaing dengan selalu mengadakan riset tentang bagaimana suatu konsep desain produk berkembang. Perlu diakui bahwa, dengan berubahnya zaman, maka selera masyarakat pun berubah. Jika produsen tidak dapat mengikutinya, maka akibatnya akan sulit berkembang.

Dengan produk yang tepat pun, masyarakat dapat melihat, bahwa produsen memiliki branding yang tepat dan sulit disaingi oleh kompetitor. Misalnya pada desain piring dengan tema kontemporer. Jika produsen menetapkan diri untuk selalu menggunakan ciri khas tersebut, tentu ini akan menjadi nilai tambah.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari konsep desain produk, maka dapat melanjutkan ke jurusan desain produk. Kunjungi website Telkom University untuk informasi selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *