S1 Seni Rupa Telkom University

Jurusan Seni Rupa Intermedia, 3 Seni Paling Pipuler Saat Ini

Jurusan seni rupa intermedia Telkom University mewadahi para seniman yang ingin mengembangkan skill di bidang intermedia. Seni bukan lagi tentang dua dimensi, tapi sudah menjadi dua, tiga, bahkan lima dimensi

Jurusan seni rupa intermedia makin diminati dengan perkembangan seni rupa yang mulai mengarah pada media seni baru. Bidang seni apa saja yang termasuk dalam seni rupa intermedia? Berikut pembahasannya.

Jurusan Seni Rupa Intermedia, 3  Seni Paling Populer Saat ini

Jurusan seni rupa intermedia bisa disebut perpaduan aneka media seni atau penggunaan berbagai media seni baru termasuk teknologi digital.

Berikut ini berbagai media yang mewarnai wajah seni rupa hari ini..

Performance art

Seni penampilan saat ini memasuki dunia baru yang luar biasa. Kalau dulu, performing hanya mengenai pementasan di atas panggung. Sekarang performance art bisa berlangsung di dinding, contohnya color performing. 

Seni pada umumnya seperti lukis, teater, menyanyi, story’ telling, dance, adalah awal mula seni pertunjukan. Tetapi saat ini, performing arts bisa merupakan seni pertunjukan warna atau pertunjukan bentuk-bentuk. Bisa juga mix performance yang masuk kepada seni kontemporer.

Video mapping

Video mapping adalah performance art yang memadukan teknis pencahayaan dan proyeksi. Tujuannya agar tercipta ilusi pada objek-objek sehingga objek-objek tersebut akan berubah menjadi bentuk lain yang menakjubkan.

Video maping kerap dimanfaatkan untuk mempopulerkan kembali objek-objek klasik agar berkesan modern.

Digital art

Masa sekarang adalah masa digital art. Yaitu seni yang menggunakan teknologi digital dalam proses kreatif dan penyajian. Virtual reality yang digunakan dalam games merupakan jenis digital art yang sangat disukai dan menghasilkan.

Salah satu alasan banyak seniman yang tertarik pada digital art karena memiliki masa depan yang lebih jelas daripada seniman dengan media klasik. Seluruh produksi digital memerlukan sumber daya beberapa seniman sekaligus untuk menciptakan karya digital art yang lain dari yang lain.

Jurusan seni rupa intermedia juga termasuk pada Botanical art yaitu menggunakan ilmu botani dan persilangan untuk menciptakan seni alami. Selain itu ada juga pertunjukan laser show yang menggunakan cahaya laser yang dipadukan dengan musik untuk menghibur penonton. Kemudian ada pula seni instalasi yang banyak digunakan di taman-taman rekreasi bertema untuk menciptakan kesan yang diinginkan pembuatnya, contohnya Legoland di Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *