S1 DKV Telkom University

Perbedaan Visual Desainer vs Grafic Desainer, Anda Wajib Tahu!

Untuk bisa menjalankan tugas dengan benar Anda wajib mengetahui perbedaan visual desainer dan grafic desainer. Sehingga bisa membedakan juga tanggung jawabnya.

Menjawab tantangan kemajuan teknologi, peranan visual desainer vs grafic desainer menjadi penting. Sebab, berkaitan dengan membentuk sebuah produk. Sehingga lulusan untuk profesi tersebut harus memiliki kualitas tinggi.

Perbedaan Visual Desainer vs Grafic Desainer 

Lulusan Telkom University yang akan mencari kerja, tidak perlu bingung membedakan beberapa profesi yang serupa. Misalnya antara profesi seorang visual dan grafik desainer. Anda bisa menyimak perbedaan mendasar dari kedua profesi ini.

Tanggung Jawab

Graphic designer memiliki tugas untuk menyampaikan pesan kepada klien. Oleh karena itu, profesi ini membutuhkan keahlian dalam hal visualisasi serta menggunakan kata-kata. 

Sedangkan seorang visual design memiliki cakupan pekerjaan yang lebih luas lagi. Termasuk dalam hal membangun brand dari sebuah perusahaan. 

Teknik Pekerjaan

Untuk teknik pekerjaan, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Jika graphic designer dalam praktiknya menangani banyak desain. Mulai dari mencetak desain, iklan, informasi dan lainnya.

Maka visual designer hanya menangani perihal desain digital saja. Sehingga bisa menggabungkan dunia desain dengan branding. Visual desainer vs grafic desainer sudah terlihat perbedaannya dalam hal teknik.

Tools yang Digunakan

Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, keduanya menggunakan tools yang berbeda. Jika seorang visual designer berhubungan dengan desainer produk, seperti Sketch, Adobe XD dan lainnya. 

Maka juga harus menguasai apa yang biasa digunakan graphic designer. Misalnya, Adobe Photoshop, illustrator dan lainnya.

Persamaan Keduanya

Dua pekerjaan tersebut sama-sama berkutat di dalam dunia desain. Sehingga wajib memiliki kreativitas yang mendukung. Meskipun sama-sama menitikberatkan pada gambar, namun rangkaian kata juga bisa memberi nilai plus. 

Selain itu, prinsip dan desain wajib dipahami dua jenis pekerjaan tersebut. Kombinasi yang tepat akan menghasilkan project yang berkualitas. Pekerjaan yang saling berhubungan tersebut akan membantu banyak pelaku bisnis untuk menghadapi persaingan ketat.

Anda bisa memilih Telkom University untuk bisa memilih profesi ini. Visual desainer vs grafic desainer bisa membantu para pemilik bisnis membangun branding perusahaan. Sehingga Anda wajib memilih perguruan tinggi yang menunjang para lulusannya untuk siap kerja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *