S1 Seni Rupa Telkom University

Seni Rupa Adalah Cabang Ilmu Seni, Apakah Kamu Tahu?

Seni rupa adalah cabang ilmu seni yang memiliki bentuk dalam wujud yang dapat dirasakan oleh indera manusia dan dapat meningkatkan kualitas hidup.

Mata pelajaran yang satu ini sudah didapatkan oleh seluruh pelajar dari tingkat SD sampai SMA.  Namun, apakah sudah memahami apa yang disebut dengan seni rupa adalah cabang ilmu seni? Mungkin juga tidak, karena fenomenanya, banyak yang meremehkan mata pelajaran ini, karena dianggap tidak penting.

Pengertian Seni Rupa Adalah Cabang Ilmu

Seni rupa adalah cabang ilmu seni yang memiliki bentuk dalam wujud yang dapat dirasakan oleh indera manusia. Produk yang dihasilkan dapat diraba, dan dilihat secara nyata. Proses perwujudannya terdiri berbagai macam unsur seni rupa yaitu berupa titik, garis, bidang dan ruang. Terdapat juga apa yang disebut dengan gelap terang dan tekstur. 

Kesan yang didapatkan oleh seni rupa adalah suatu hasil olahan dari berbagai konsep, garis, bidang, volume, dan  berbagai macam warna. Ditambahkan dengan apa yang disebut dengan tekstur dan pencahayaan yang mengacu pada estetik atau keindahan.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa seluruh bagian dari seni rupa adalah sebuah karya yang mengandalkan kekuatan visual. Dengan demikian dapat dinyatakan oleh seluruh indera manusia.

Jenis-Jenis Seni Rupa

Seni rupa sendiri terdiri dari berbagai macam jenis yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran, waktu, dan fungsinya. Sementara berdasarkan ukurannya, dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu seni rupa dua dimensi, yang melibatkan panjang dan lebar.  Adapun seni rupa tiga dimensi adalah yang terdiri dari panjang, lebar dan tinggi.

Berdasarkan fungsinya, seni rupa sendiri dibagi menjadi dua bagian besar yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Keduanya angela memiliki perbedaan yang mencolok antara satu sama lainnya.

Macam seni rupa pun banyak, ada seni rupa murni yaitu seni yang mengutamakan keindahan untuk berekspresi, Sementara seni rupa terapan atau yang dikenal dengan seni kriya adalah seni rupa yang menciptakan karya yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kehidupan manusia.

Desain pun termasuk bagian dari macam seni rupa yang mempelajari cara merancang baguna atu suatu bentuk karya. Misalnya arsitektur, desain produk, busana, desain grafis, vektor, dan lain sebagainya.

Jadi, seni rupa adalah  cabang ilmu yang juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Jika Anda berminat melanjutkan pendidikan ke program ini, dapat kunjungi website Tel-U untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *