Category: News

Prodi Desain Produk Luncurkan Lima Konsentrasi Peminatan

Program Studi Desain Produk (DP) Fakultas Industri Kreatif (FIK) Telkom University (Tel-U) meluncurkan lima konsentrasi peminatan, Senin (23/4/2018). Di hari itu juga, Prodi DP-FIK memamerkan  desain produk karya mahasiswa di lobi gedung Sebatik FIK Tel-U.

“Konsentrasi peminatan terdiri dari  konsentrasi peminatan Working Tools, Transportation, Home, Appliance, Lifestyle dan Toys & Jewerly.  Inilah  keunggulan Prodi Desain Produk di Telkom University, dimana kita mengarahkan mahasiswa pada konsentrasi peminatan sejak tingkat dua,” kata Kaprodi Desain Produk, Asep Sufyan, M.A.

Acara peluncuran dan pameran  desain produk ini  dibuka oleh  Dekan FIK Dr. Didit Widiatmoko Soewardikun, Drs.,M.Sn. Pada kesempatan tersebut Didit berpesan kepada mahasiswa Desain Produk  agar terus meningkatkan kreativitasnya dan giat mengikuti pameran. Didit juga menyarankan agar mahasiswa aktif mengikuti kompetisi-kompetisi di bidang ini.- (Risca FIK)

 

JFW Ajak Mahasiswa FIK Tel-U Ikuti Ajang LPA-LPM 2018

Jakarta Fashion Week (JFW) ajak mahasiswa Kriya Tekstil Mode (KTM) Fakultas Industri Kreatif (FIK) Telkom University (Tel-U) LPA dan LPM 2018.

“Lomba ini terbuka  untuk umum, baik untuk mahasiswa maupun lulusan sekolah mode, desain, atau seni rupa.  Karya yang dilombakan harus orisinil karyamu. Terinspirasi dari desainer lain boleh-boleh saja, tapi bukan berarti membuat karya tiruan,” kata Program Media Content Director JFW, Zornia Harisantoso pada Workshop LPA dan LPM 2018 yang dihadiri oleh mahasiswa KTM Tel-U.

LPA   merupakan  Lomba Perancang Aksesoris  yang  diselenggarakan oleh JFW tahun ini.  Workshop juga menghadirkan perancang aksesori Arni Kusuma Dewi.

“Tema besar LPA kali ini adalah Tropical Vibe, Interpretasi bebas, namun ketiga desain tersebut harus merefleksikan kesatuan sebuah koleksi,” kata Arni. Lanjutnya, perserta lomba bisa mengirimkan tiga karya desain  perhiasan yang merupakan tiga kombinasi di antara anting, gelang, kalung, bros dan hiasan kepala yang bukan berarti topi.

“Perlu diperhatikan, jenis desain perhiasan yang dilombakan adalah Costume Jewelry bukan  Fine Jewerly. Costume Jewerly yaitu perhiasan sebagai barang fashion bahan dasar seperti akrilik, kain, kulit, plastik, metal, kawat, beads atau manik-manik,” jelas Arni.

Sedangkan  LPM yaitu Lomba Perancang Menswear. Kontribusi  LPM sangatlah besar dalam industri mode tanah air. Sejak dimulai di 1979 hingga kini, LPM terbukti sebagai wadah pencetak perancang busana sukses. Misan Kopaka juga turut memberi motivasi  dan wawasan kepada mahasiswa  tentang merancang pakaian pria di workshop tersebut.

“Dilihat dari karakternya, Menswear bisa dikategorikan menjadi menswear bergaya internasional dan bergaya etnik. Sedangkan jika dilihat dari jenis pembuatannya ada yang ready to wear dan custome. Tentu ini bisa menjadi pilihan dalam merancang Menswear pada LPM nanti,” kata Misan.

Workshop LPA-LPM 2018 terselenggara atas kerjasama JFW dengan Program Studi KTM-FIK Telkom University, Kamis (19/4/2018). Workshop berlangsung di Ruang Multimedia Gedung Bangkit Tel-U juga menghadirkan pembicara desainer Perancang Mode Ai Syarif  dan Blibli.com- (Risca-FIK).

RAKOR FIK TEL-U, Prodi Desain Interior Raih Akreditasi A

Ada kabar gembira yang disampaikan Dekan Fakultas Industri Kreatif (FIK)  Telkom University (Tel-U), Dr. Didit Widiatmoko Soewardikoen, Drs.,M.Sn pada Rapat Koordinasi (Rakor), Rabu (11/04/2018). Kabar gembiranya yaitu Program Studi Desain Interior berhasil memperoleh akreditasi A.

“Selamat untuk prodi Desain Interior atas diperolehnya akreditasi A, sunggu capaian yang luar biasa,” kata Didit.

Rakor kali ini juga membahas beberapa hal terkait FIK dalam upayanya meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa. Di antaranya  peningkatan kemampuan entrepreneurship  mahasiswa, serta peningkatan kemampuan bahasa Inggris dosen pengajar  di kelas internasional.

Rakor diakhiri dengan penyerahan SK Pegawai oleh Dekan FIK kepada Dr. Moh. Isa Pramana Koesoemadinata,S.Sn.,M.Sn  sebagai ketua KK Visual Marketing dan Design Management. SK Juga diberikan kepada Risca Tresmianti Suarna, S.Ikom  sebagai Staf Urusan Sekretariat FIK. (Risca-FIK)

 

 

Karya Mahasiswa FIK TEL-U Dipamerkan Di Mineline

Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Industri Kreatif (FIK) Universitas Telkom (Tel-U) menyelenggarakan pameran 2.5th Mineline, Selasa (10/4/2018). Pameran berlangsung di Spasial Room Jl. Gudang Selatan No 22 Bandung.

“2.5th Mineline merupakan pameran Tugas Akhir peminatan Desain Grafis. Acara ini juga diisi dengan presentasi karya  mahasiswa,” kata Dosen FIK Novian Denny Nugraha, S.Sn.,M.Sn.

Jelasnya, karya tugas akhir mahasiswa yang dipamerkan di Mineline ini adalah karya-karya terseleksi. Karya tugas akhir terbaik   dengan hasil akademik terbaik. Dipamerkan di Spasial Room merupakan pusat industri kreatif anak muda Bandung. Sehingga pameran ini berupaya menawarkan karya mereka terhadap industri secara langsung.

MineLine merupakan kegiatan pameran rutin yang dilakukan oleh Prodi yang dipimpin oleh  Dicky Hidayat, S.Sn.,M.Ds. Pameran selanjutnya 3th MineLine,  akan berlangsung sekitar bulan Juli atau Agustus mendatang.-(Risca-FIK)

FIK Tel-U Gelar Workshop E-Learning

Fakultas Industri Kreatif (FIK)  Universitas Telkom (Tel-U) menggelar Workshop E-Learning di Ruang Pertemuan lantai 1 Gedung Sebatik FIK, Rabu (11/4/2018). Dekan FIK, Dr. Didit Widiatmoko Soewardikoen, Drs.,M.Sn turut hadir dan membuka acara tersebut.

Pemateri workshop dari Bagian Pengembangan Pembelajaran (BPP) Tel-U, Muhammad Azani, mengemukakan bahwa Telkom University kini tengah melakukan pengembangan  konten digital materi perkuliahan. Hal itu dilakukan guna meningkatkan metode belajar mengajar dosen secara online.

“Untuk mencapainya perlu ada pengembangan konten digital yang didukung oleh studio produksi dan infrastruktur IT. Juga diperlukan peningkatan kompetensi dosen yang mengarah kesana,” tutur Azani. Lanjutnya, pembelajaran online memungkinkan dosen pengajar dapat menilai langsung argumentasi mahasiswa dan melihat cara mahasiswa tersebut berargumentasi. Pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa juga dapat disampaikan melalui forum diskusi.

Dosen diharapkan dapat membuat konten pembelajaran mencakup konten utama e-learning di antaranya panduan pembelajaran, video pembelajaran, lecture notes, pop quiz, forum diskusi, link sumber eksternal dan tugas-tugas. Terkait video pembelajaran Azani menjelaskan, “Video berdurasi 5 -7 menit berupa talking head video yang dikombinasikan  dengan  animasi, screen cast,  video wawancara atau video tablet capture.  Resolusi video minimal 720p HD dengan lebar 1280 pixel dan tinggi 720 pixel. Jumlah video sebanyak 7 video per pokok bahasan, jadi totalnya 98 video untuk 1 mata kuliah,”. Sedangkan Lecture Notes dapat dibuat berupa slide atau makalah dalam bentuk berkas dalam bentuk slide power point, words atau PDF.

Workshop E-Learning  diikuti oleh seluruh dosen  FIK- Tel-U. Peserta tampak antusias mengikuti pelatihan tersebut. (Risca-FIK)

COPASS EXHIBITION: Kolaborasi Seni dan Desain Modern Empat Prodi

Bandung, 14 Desember 2017 – Untuk pertama kalinya COPASS atau Collective Passion in Art & Design diselenggarakan. Berawal dari mata kuliah yang mempunyai keterkaitan konten dengan program studi lainnya. COPASS bertujuan menyatukan berbagai karya yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan untuk menyusun tugas akhir. Selain itu juga kegiatan COPASS sudah sesuai dengan visi misi dari Telkom University bahkan Pemerintah Kota Bandung.